Penting! 3 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Masa Emas Anak

Masa emas anak

Masa emas anak adalah masa di mana anak berusia 0 – 5 tahun, di masa ini Anak akan mudah menyerap apapun yang didengar serta dilihat. Oleh karena itu, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengajari anak di masa golden age-nya. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai orang tua agar tidak menyia-nyiakan masa terbaik anak.

1. Melatih Motorik Anak

Di masa ini, Anda harus melatih dua jenis motorik yang dimiliki anak, yaitu motorik kasar dan halus. Kedua hal ini sangat penting untuk dilatih karena berpengaruh pada daya cipta, kreativitas, serta berkaitan dengan keterampilan tangan pada anak. Orang tua dapat melatih anak melalui aktivitas yang cukup sederhana, seperti menulis, mengajari menggambar bahkan melipat kertas.

Untuk motorik kasar, Anda sebagai orang tua bisa mengarahkan si kecil untuk berolahraga ringan seperti bermain sepeda karena dengan melakukan kegiatan olahraga, dapat melatih motorik kasar yang nantinya dapat bermanfaat bagi sistem kinerja otot anak agar semakin kuat.

2. Mencari dan Mengembangkan potensi anak

Sebagai orang yang paling dekat dengan anak, Anda pasti tahu kecenderungan atau potensi yang anak Anda miliki, Anda haru mengenali lebih dalam tentang potensi itu dan setelahnya arahkan si kecil untuk selalu mengembangkan potensinya, peran orang tua untuk mendukung penuh potensi anak sangatlah dibutuhkan.

Jika anak menyukai bidang seni seperti menyanyi atau melukis, orang tua dapat mengarahkannya untuk belajar dan mengenalkannya pada lagu-lagu anak misalnya agar mereka semakin tertarik dan semakin ingin belajar.

3. Melatih Kemampuan Kognitif

Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, Anda dapat mengajak mereka ke tempat-tempat seperti kebun binatang, taman bermain, museum, dan lain sebagainya. Setelah itu, selalu ajak mereka untuk menceritakan kembali tentang kegiatan yang sudah mereka lalu, kemampuan kognitif ini nantinya akan sangat penting dalam membantu anak berpikir logis.

Demikianlah  beberapa hal yang harus orang tua lakukan ketika masa emas anak, peran Anda akan sangat dibutuhkan untuk perkembangan si kecil karena si kecil akan lebih memperhatikan seluruh perilaku orang tuanya yang setiap hari bersama daripada dengan orang lain.

You May Also Like

About the Author: admin