Makanan Untuk Atasi Panas Anak Secara Alami

Cara mengatasi anak demam tinggi

Ketika anak demam tinggi ada beberapa cara yang dapat anda lakukan sebagai orang tua yang dapat anda lakukan kepada anak. Cara mengatasi anak demam tinggi ini lebih alami dan dapat dibilang sangat efektif. Demam sendiri sebenarnya terjadi ketika suhu tubuh berada diatas normal dan diikuti oleh beberapa gejala seperti panas, sakit kepala dan disertai menggigil.

Kondisi demam pada anak yang perlu anda waspadai

Ada beberapa kondisi yang harus anda waspadai ketika anak anda demam. Pada bayi dengan usia dibawah 3 bulan anda perlu khawatir ketika anak mengalami demam dengan panas sampai 38°C bahkan lebih. Apabila bayi dengan usia 3-6 bulan mengalami demam dengan suhu mencapai 39°C atau lebih. Demam ini tidak kunjung membaik dan berlangsung sampai 5 hari dengan ditambah ruam merah, kejang, gejala dehidrasi seperti mulut kering.

Makanan yang dapat membantu meredakan demam tinggi pada anak

Ada beberapa obat herbal yang dapat anda berikan ke anak sebagai cara mengatasi demam anak tinggi yang alami dan cukup efektif yang dapat dilakukan di rumah.

1. Kompres dulu dengan air hangat

Sebagai langkah pertama ketika anak panas yang dapat anda lakukan adalah dengan memberikan air hangat untuk membantu menurunkan demam pada anak. Berikan kompres menggunakan air dan diamkan selama 20-30 menit. Ganti kompresnya ketika mulai kering atau terasa tidak panas. Pantau juga suhu tubuh anak secara berkala setiap 1-2 jam setelah pemberian kompres. Anda juga dapat menggunakan bye bye fever sebagai alternatif kompres yang diberikan kepada anak.

2. Berikan lemon dan madu

Pemberian lemon dan madu sangat efektif dalam mengurangi demam pada anak karena dapat memperkuat kekebalan tubuh. Anda cukup menambahkan 2 sdm madu kedalam segelas kecil jus lemon atau jeruk kemudian berikan kepada anak. Pemberian lemon dan madu ini harus dipastikan untuk anak dengan usia di atas 1 tahun untuk menghindari resiko botulisme.

3. Berikan jahe hangat

Sifat antibakteri dalam jahe membuat lebih efektif sebagai obat penurun panas pada anak secara alami, mengobati batuk dan gejala umumnya. Orang tua dapat memberi anak the jahe atau membuatkan minuman hangat dengan irisan jahe. Anda juga dapat menambahkan madu sebagai pemanisnya. Minuman jahe ini akan membuat anak berkeringat serta membantu menghilangkan panas dan racun pada anak.

Itulah cara mengatasi demam anak yang tinggi yang dapat anda praktekan di rumah. Dengan memberikan beberapa ramuan diatas tentunya akan sangat membantu anda dalam menurunkan demam pada anak. Akan tetapi apabila anak masih mengkonsumsi ASI berikan sesering mungkin ASI pada anak sebagai obat.

You May Also Like

About the Author: admin