Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Offline Install .Net Framework 3.5 Windows 10

Microsoft .Net Framework 3.5 pada system operasi windows merupakan sebuah fitur tambahan (pendukung) yang harus terinstall terlebih dahulu untuk bisa menginstall applikasi-applikasi tertentu pada windows. Namun secara default, fitur .Net Framework ini tidak terinstall secara otomatis saat proses instalasi system operasi windows dilakukan, dan harus diinstall manual. Untuk proses instalasi .Net Framework ini bisa dilakukan secara online maupun secara offline. 

Untuk melakukan instalasi secara online, tentu saja harus tersedia koneksi internet pada sebuah komputer atau laptop tersebut. Adapun jika dilakukan instalasi secara offline, maka kita harus melakukan download terlebih dahulu installer .Net Framework ini. Menggunakan metode online maupun offline masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri (hal ini tergantung berdasarkan kondisi tertentu). Seperti misalkan terdapat 10 laptop atau komputer yang akan diinstall fitur .Net Framework nya secara online namun koneksi internet yang tersedia sangat lamban atau bahkan tidak ada koneksi internet sama sekali, maka sudah tentu melakukan instalasi .Net Framework ini paling bagus dilakukan secara offline. Namun, apabila koneksi internet yang tersedia bagus maka instalasi secara online juga bisa dilakukan. Pada tutorial kali ini, kami akan mencoba memberikan informasi mengenai cara melakukan install Microsoft .Net Framework pada system operasi windows 10 menggunakan cara instalasi offline maupun online.

Instalasi Online

Untuk melakukan instalasi secara online, cara nya ialah dengan membuka settingan Turn Windows features on or off melalui control panel.

Windows Features
Windows Features

 Dari gambar diatas, perhatikan pada keterangan .Net Framework 3.5 (includes 2.0 and 3.0) dalam keadaan belum tercentang dan hal ini menunjukkan pada fitur .Net Framework nya belum terinstall. Adapun cara menginstall nya cukup mudah, tinggal di klik pada check box .Net Framework 3.5 (includes 2.0 and 3.0) dan klik tombol Ok, maka proses instalasi akan langsung berjalan. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses instalasi ini bergantung dari kecepatan akses internet yang dimiliki.

Instalasi Offline

Cara berikutnya adlah secara offline, dimana cara ini merupakan cara yang paling cepat menurut kami. Hal ini karena dalam proses instalasi tidak dibutuhkan koneksi internet, namun membutuhkan sebuah file pada windows installer yang digunakan sewaktu melakukan instalasi system operasi windows 10, dan file tersebut ada didalam folder SXS, yang terletak pada folder Sources/sxs pada windows installer.

Folder SXS
Folder SXS

Copy folder SXS ini pada komputer atau laptop yang akan diinstall .Net Framework nya, bisa di copy ke drive C, D ataupun ke drive lain yang dimiliki oleh laptop atau komputer tersebut. Pada tutorial ini, folder SXS nya saya copy ke drive D pada komputer saya, seperti pada gambar dibawah ini.

Copy Folder SXS ke local drive komputer
Copy Folder SXS ke local drive komputer

Sebenarnya bisa saja kita tidak meng-copy folder SXS ini ke local drive komputer. Namun proses instalasi nya akan sedikit lebih lamban jika ternyata installer windows yang digunakan adalah dari DVD. Langkah selanjutnya adalah buka CMD (Command Prompt) dan jalankan CMD tersebut sebagai administrator (run as administrator). Setelah itu, ketikkan perintah berikut :

“Dism /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /all /source:d:\sxs /limitaccess”

Pada perintah diatas, perhatikan pada bagian /source:d:\sxs ini adalah perintah untuk menentukan lokasi folder SXS yang sebelumnya telah dicopy. Silahkan disesuaikan dengan lokasi peng-copy-an folder SXS yang anda lakukan. Setelah perintah tersebut diketik pada command prompt, maka tekan tombol enter dan tunggu sampai proses instalasi .Net Framework nya selesai dilakukan.

Proses Instalasi Net Framework melalui CMD
Proses Instalasi Net Framework melalui CMD

Setelah berhasil melakukan instalasi, sekarang coba buka kembali settingan windows features seperti langkah pertama pada proses instalasi secara online, maka seharusnya tampilannya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Microsoft .Net Framework berhasil diinstall
Microsoft .Net Framework berhasil diinstall

Dalam melakukan instalasi secara offline, biasanya ada beberapa kendala yang terjadi mulai dari perintah yang dimasukkan salah, lokasi file SXS tidak ditemukan. Jika terdapat error perintah yang dimasukkan tidak dikenali, maka solusinya adalah pastikan setiap perintah yang anda ketikkan pada command prompt tidak keliru, walaupun hanya 1 huruf ataupun spasi. Jika terdapat error lokasi file SXS tidak ditemukan, maka silahkan periksa kembali lokasi pengcopy-an folder SXS nya dan pastikan sudah sesuai dengan perintah source yang dimasukkan pada command prompt. Ada kalanya, lokasi folder SXS sudah sesuai dengan lokasi source yang dimasukkan pada command prompt, namun tetap terdapat error source file not found. Jika hal ini terjadi, maka pastikan folder sxs yang digunakan untuk instalasi di copy dari installer windows yang digunakan untuk melakukan instalasi windows pada komputer tersebut. Karena jika folder SXS di copy dari installer windows lain, maka ada kemungkinan versi dari file SXS nya tidak sesuai.

Nah, itulah yang bisa kami sampaikan pada tutorial kali ini, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Parman
Parman Hallo, salam kenal.

Post a Comment for "Cara Offline Install .Net Framework 3.5 Windows 10"