Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koneksi Internet GNS3 dan Static Routing Windows

Graphical Network Simulator-3 atau yang biasa disebut dengan nama GNS3 merupakan sebuah aplikasi network emulator. Namun, pada tutorial kali ini kita tidak akan membahasa panjang lebar tentang fungsi dari GNS3, karena Anda bisa mempelajari detail fungsi dari GNS3 ini melalui website resminya pada link ini. Pada turial kali ini kita kan membahas bagaimana cara melakakukan konfigurasi supaya aplikasi GNS3 bisa terkoneksi dengan internet. Pertama-tama pada GNS3 saya sudah menyediakan bentuk topologi seperti pada gambar dibawah ini.

Topologi Jaringan pada GNS3
Topologi Jaringan pada GNS3

Sebuah router seperti tampak pada gambar diatas memiliki IP Address 192.168.100.1/24 dan 2 buah komputer klien. Router mikrotik ini sudah dikonfigurasi sebelumnya untuk bisa saling berkomunikasi dengan komputer klien. Konfigurasi selanjutnya yang diinginkan adalah bagiaman supaya router dan komputer klien yang bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan instalasi interface loopback adaptor pada komputer tempat terinsall nya aplikasi GNS3. Cara melakukan instalasi interface loopback adaptor ini adalah dengan membuka menu Add Hardware Wizard, dari RUN Windows ketikkan perintah HDWWIZ.

Add Hardware Wizard Windows
Add Hardware Wizard Windows

Setelah menu add hardware wizard terbuka, maka klik tombol Next dan pilih install the hardware that I manually select from a list (Advanced) dan pilih Network Adaptor kemudian klik next.

Membuat interface loopback adaptor
Membuat interface loopback adaptor

Langkah selanjutnya, pada bagian Select a network adaptor, pada bagian Manufacturer pilih Microsoft, dan pada bagian Network Adaptor pilih Microsoft Loopback Adaptor dan klik tombol next.

interface loopback adaptor
Membuat interface loopback adaptor

Setelah itu, tunggu sampai proses instalasi akan dijalankan selama kurang dari 5 menit dan jika proses instalasi telah selesai dilakukan maka silahkan resart komputer anda. Setelah komputer di resart, maka jika anda membuka settingan network connection windows maka akan terdapat satu buah interface baru seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Interface loopback adaptor
Interface loopback adaptor

Interface loopback adaptor inilah yang akan menjadi perantara dari router mikrotik yang ada pada GNS3 untuk bisa terhubung dengan jaringan internet, dan tentu saja komputer atau laptop yang anda gunakan juga harus memiliki koneksi internet untuk di sharing ke GNS3 nya. Seperti pada komputer yang saya gunakan, untuk koneksi internetnya menggunakan interface wireless, jadi interface wireless pada komputer saya inilah yang akan saya sharing ke GNS3 nya melalui perantara interface loopback adaptor yang sebelumnya kita install. Cara sharing internet ini cukup mudah, klik kanan pilih properties pada interface network-nya, klik tab menu Sharing dan centang pada bagian Allow other network users to connect through this computer’s internet connection, setelah itu pilih interface loopback adaptor nya dan klik Ok.

Internet Sharing
Internet Sharing

Setelah koneksi internet selesai di sharing, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan IP Address pada interface loopback adaptor tersebut, silahkan anda tentukan sendiri berapa IP Address private yang akan digunakan, sebagai contoh saya akan menggunakan alamat IP address 192.168.200.1/24.

IP Address Loopback Adaptor
IP Address Loopback Adaptor

Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada applikasi GNS3-nya. Pada bagian device pilih dan drag device cloud kedalam area kerja GNS3.

Menambah interface cloud GNS3
Menambah interface cloud GNS3

Setelah itu, double klik pada cloud tersebut, centang pilihan Show special Ethernet interface, pilih interface loopback adaptor pada tab menu Ethernet interface dan terakhir klik tombol add.

Pengaturan Interface
Pengaturan Interface

Setelah itu, router mikrotik pada GNS3 bisa dikoneksikan langsung dengan device cloud yang telah dibuat tersebut. Lakukan juga pengaturan IP Address pada router mikrotik supaya menggunakan IP Address yang satu subnet dengan IP Address pada interface loopback adaptor, adapun alamat IP Gateway dan DNS Server yang digunakan pada router mikrotik harus menggunakan alamat IP Address pada interface loopback adaptornya.

Konfigurasi IP Address router mikroti GNS3
Konfigurasi IP Address router mikroti GNS3

Setelah konfigurasi dilakukan dengan benar, seharusnya router mikrotik yang ada pada GNS3 sudah bisa terkoneksi ke internet, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Hasil uji koneksi
Hasil uji koneksi

 Routing Static Windows

Terkadang kita membutuhkan pengaturan routing static pada system operasi windows untuk bisa terkoneksi ke sebuah network address. Misalkan saja pada contoh topologi jaringan pada aplikasi GNS3 dibawah ini, topologi ini merupakan topologi lanjutan dari konfigurasi yang sebelumnya kita buat.

Topologi lanjutan
Topologi lanjutan

Device dengan nama internet merupakan interface loopback adaptor pada komputer yang saya gunakan, dan sudah tentu laptop saya bisa melakukan ping ke routerGW karena memiliki alamat network yang sama. Namun apabila saya ingin membuat koneksi kepada router BR1 yang memiliki alamat network address 192.168.100.0/24 maka bisa dipastikan laptop saya tidak akan bisa terhubung dengan router tersebut, hal ini karena alamat network 192.168.100.0/24 belum dikenali oleh komputer yang saya gunakan.

Oleh karena itu, supaya komputer bisa terkoneksi dengan alamat network 192.168.100.0/24 maka harus dilakukan tambahan konfigurasi routing static pada komputer yang saya gunakan. Untuk membuat routing static pada komputer, maka pertama-tama jalankan command prompt dan gunakan perintah Route print untuk melihat table routing yang ada pada komputer.

Menambah routing static windows
Menambah routing static windows

Adapun perintah untuk membuat routing static baru adalah menggunakan perintah :

Route add Alamat_Network_Tujuan mak Alamat_SubnetMask_Tujuan Gateway

Jika melihat pada topologi yang digunakan, maka perintah menambah routing static nya adalah seperti pada gambar dibawah ini.

Menambah routing static
Menambah routing static

Dari perintah diatas, dapat difahami bahwa untuk menuju ke alamat network 192.168.100.0 yang memiliki alamat subnet mask 255.255.255.0 maka gateway yang digunakan adalah melalui IP Address 192.168.200.2 yang merupakan IP Adddress terdekat untuk menuju ke alamat network 192.168.100.0. Dengan demikian, maka saat ini komputer kita sudah bisa terkoneksi dengan router BR1, silahkan diuji dengan melakukan ping atau remote router mikrotiknya melalui winbox. Perlu diketahui, bahwa routing static pada windows ini bersifat temporary dan tidak permanen. Jika komputer di restart maka routing static yang tlah dibuat akan terhapus secara otomatis. Apabila ingin mengganti routing static maka bisa menggunakan perintah route change dan masukkan alamat routing yang baru, sedangkan jikan ingin menghapus static routing, maka gunakan perinah route delete dan masukkan alamat network tujuan yang akan dihapus.

Nah, demikian yang bisa kita sampaikan pada tutorial kali ini, terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Parman
Parman Hallo, salam kenal.

Post a Comment for "Koneksi Internet GNS3 dan Static Routing Windows"