Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Jaringan Komputer Lamban

   

    Jaringan komputer memiliki kecepatan koneksi masing-masing sesuai dengan teknologi yang digunakan, seperti jaringan komputer yang menggunakan media kabel UTP maka kecepatan koneksi jaringannya bisa mencapai 100Mbps, adapun jika menggunakan koneksi wireless maka kecepatannya bervariasi dan bahkan bisa lebih tinggi dari media kabel. Namun walaupun kecepatan koneksi yang dijanjikan oleh masing-masing media koneksi tinggi, terkadang hal yang didapatkan oleh pengguna jaringan komputer tersebut justru sebaliknya, yaitu sangat-sangat lamban, bahkan sampai tahapan tidak ada koneksi sama sekali. Oleh karena itu, pada tulisan kali ini kita akan mencoba membahas perihal penyebab terjadinya masalah lamban/tidak adanya koneksi pada jaringan komputer yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. 

Koneksi Lamban Karna Pengaruh Perangkat

Switch Hub

   
Mengatasi Jaringan Komputer Lamban
Switch Hub

     Akses jaringan lamban bisa diakibatkan oleh Switch Hub yang sudah tidak bisa berfungsi dengan normal.  Switch Hub yang sudah tidak normal biasnya bisa ditandai dengan lampu indikatornya yang menyala secara tidak wajar, seperti misalkan indikator lampu LAN nya yang menyala padahala pada port tersebut tidak dipasangkan kabel jaringan, atau indikator lampu LAN nya tidak menyala sama sekali padahal sudah terpasang kabel jaringan. Namun, sebelum memutuskan untuk mengganti Switch Hub, cobalah terlebih dahulu untuk mematikan dan menyalakan kembali Switch Hub tersebut, karena bisa jadi Switch Hub nya hang dan bksa normal setelah dimatikan. Perlu diketahui, dalam memilih Switch Hub kita harus bisa memilih Switch Hub yang sesuai dengan kondisi jaringan LAN tempat switch hub tersebut akan dipasang. Misalkan pada jaringan LAN nya, interface Ethernet yang digunakan oleh setiap perangkat menggunakan Gigabite, Kabel Jaringan yang digunakan juga kabel Category 6 (CAT 6e), maka switch hub yang harus kita pasang yang Gigabite pula (100/1000) dan bukan yang 10/100 supaya kecepatan koneksi LAN nya bisa maksimal. 

Kabel Jaringan (Kabel UTP/STP)

   
Mengatasi Jaringan Komputer Lamban
Kabel Jaringan
     Kabel jaringan yang sudah tidak normal juga bisa menyebabkan lambannya koneksi pada sebuah jaringan LAN. Bahkan kabel jaringan yang sudah rusak bisa menyebabkan Switch Hub jadi hank dan indikator lampu LAN nya menyala secara tidak normal. Untuk mengetahui apakah kabel jaringan masih bagus atau tidak, bisa di cek menggunakan alat LAN Tester. Dengan alat ini kita bisa mengetahui apakah ada kabel LAN yang bermaslah atau tidak. Namun, walaupun kita menggunakan LAN tester ini kita tetap tidak bisa mengetahui dimana posisi yang pasti letak permasalahan kabel jaringan tersebut karena dengan LAN tester ini kita hanya bisa mengetahui apakah ada masalah atau tidak pada kabel jaringannya. Oleh karena itu, jika sudah mengetahui ada masalah pada kabel jaringan maka kita tetap harus mengecek secara manual dimana posisi yang rusak dari kabel jaringan tersebut. Oleh karena itu, dalam memasang kabel jaringan usahakan jalur pemasangan kabel tersebut harus benar-benar aman sehingga tidak mudah rusak baik karna terjepit meja, keinjak, ataupun tergigit tikus dan hal-hal lainnya. 

Konektor-Konektor Jaringan

Mengatasi Jaringan Komputer Lamban
Konektor RJ45


    Konektor jaringan yang sudah tidak bagus juga bisa menyebabkan koneksi jaringannya ngadat. Konektor jaringan menjadi rusak biasanya disebabkan karna adanya kotoran yang melekat pada konektor tersebut atau karna terkena air. Cobalah untuk mengganti konektor kabel jaringan yang digunakan dengan yang baru pada kedua ujung kabel jaringan yang digunakan. 

Access Point (AP)

Mengatasi Jaringan Komputer Lamban
Access Point

    Untuk jaringan LAN yang menggunakan media wireless, maka koneksi lamban bisa disebabkan karena AP yang bermasalah. Cobalah untuk memeriksa kondisi dari AP yang digunakan, perhatian lampu-lampu indikatornya apakah menyala dengan normal atau tidak. Cobalah juga untuk melakukan upgrade versi software dan firmware dari AP yang anda gunakan. 

Network Interface Card (NIC)

Mengatasi Jaringan Komputer Lamban
Network Interface Card


    Network Interface Card (NIC) juga bisa menyebabkan lamban atau putusnya koneksi jaringan jika memang ternyata NIC tersebut bermasalah. Seperti misalkan lampu indikator NIC nya menyala padahal tidak ada kabel jaringan yang terpasang. Cobalah untuk melakukan install ulang driver NIC nya, atau upgrade driver nya menjadi versi yang lebih baru .

Koneksi Lamban Karna Pengaruh Selain Perangkat

Antivirus

Mengatasi Jaringan Komputer Lamban
Antivirus


    Antivirus yang terpasang pada server atau pada workstation bisa menyebabkan melambatnya kecepatan koneksi disebuah jaringan komputer. Hal ini karena, sebuah antivirus akan selalu memantau dan menecan aktivitas-aktivitas jaringan yang sedang berjalan. Oleh karena itu, apabila koneksi jaringan komputer anda lamban maka tidak ada salahnya untuk men-disable sementara antivirus yang digunakan. Anda juga bisa menambahkan pengaturan firewall pada antivirus tersebut untuk tidak memonitor aktivitas tertentu yang dilakukan di jaringan komputer. 

Interferensi

Mengatasi Jaringan Komputer Lamban
Interferensi


    Interferensi hanya akan terjadi pada jaringan komputer yang menggunakan wireless. Interferensi merupakan suatu kondisi dimana signal wireless mengalami gangguan karena adanya signal wireless lain yang menggunakan frekuensi yang sama atau frekuensi yang saling tumpang tindih. Jika jaringan wireless mengalami interferensi maka kecepatan koneksi jaringan wireless tersebut pasti akan jelek sekali. Oleh karena itu supaya tidak terjadi interferensi signal, maka kita harus menggunakan frekuensi wireless yang kita gunakan. Perlu diketahui bahwa frekuensi yang banyak digunakan oleh jaringan wireless adalah 2.4 GHz, dimana frekuensi 2.4 GHz ini memiliki rentang frekuensi tertentu yang boleh digunakan. Namun jika memang dilokasi tempat wireless tersebut berada, sudah begitu banyak jaringan wireless yang ada sehingga tidak memungkinkan bagi kita untuk menggunakan frekuensi yang ada, maka kita bisa mempertimbangkan untuk menggunakan wireless dengan frekuensi 5 GHz, namun tentunya perangkat-perangkat laptop maupun komputer yang ada juga harus sudah support frekuensi 5 GHz. Jika Anda tertarik dengan ulasan lebih jauh tentang interferensi ini silahkan dibaca pada artikel di link ini.

IP Conflict

    Komputer-komputer yang terkoneksi dengan sebuah jaringan harus memiliki sebuah alamat jaringan yang disebut dengan IP Address. IP Address ini bersifat uniq, artinya jika sebuah alamat IP Address sudah digunakan oleh sebuah Komputer maka alamat IP Address tersebut tidak boleh digunakan oleh komputer lain yang berada didalam satu jaringan komputer yang sama. Apabila ada dua komputer dalam satu jaringan menggunakan alamat IP Address yang sama, maka biasanya akan ada notifikasi IP Conflict dan bahkan bisa membuat koneksi jaringan komputer yang ada menjadi lamban. Oleh karena itu, seorang Administrator Jaringan harus pintar-pintar dalam mengalokasikan alamat IP Address yang akan digunakan oleh komputer klien yang ada. Anda bisa mempelajari masalah IP Address ini pada link berikut.

Virus

    Virus juga bisa menyebabkan koneksi jaringan komputer menjadi bermasalah !! Jika sebuah jaringan komputer sudah dimasuki oleh virus, maka virus tersebut sangat memungkinkan bisa menginfeksi semua komputer yang ada didalam jaringan. Jika hal ini terjadi, maka jalan satu-satunya adalah melakukan pembersihan jaringan secara total, scan komputer satu persatuan dengan antivirus, sampai hal paling buruk adalah install ulang semua komputer yg ada di jaringan tersebut. 
Apabila kita ingin terhindar dari virus ini, maka terapkanlah firewall yang bagus pada jaringan komputernya, bisa dengan pasang antivirus, kunci port-port USB komputer, block akses internet ke situs-situs yang berbahaya dan proteksi lainnya.

Nah, demikian beberapa hal yang bisa menyebabkan lamban atau buruknya kualitas sebuah jaringan komputer, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengatasi Jaringan Komputer Lamban"