Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hapus Otomatis Expired User Hotspot Mikrotik

Menghapus user-user hotspot yang telah kadaluarsa (expired) pada mikrotik merupakakan hal yang mudah, kita tinggal hapus satu persatu user yang telah expired tersebut. Namun dalam kondisi tertentu, pekerjaan menghapus user hotspot expired ini bisa menjadi hal yang merepotkan karna bisa jadi ada begitu banyak user yang telah expired yang harus dihapus secara manual, dan tidak menutup kemungkinan kita bisa salah dalam menghapus user tersebut. Seperti pada warnet-warnet yang memiliki ratusan client, maka sang pemilik warnet harus rajin-rajin membuat dan menghapus user hotspot yang telah expired. Namun ada solusi yang sangat membantu dalam pekerjaan menghapus user expired ini, yaitu dengan membuat sebuah script yang akan mendeteksi setiap user yang telah expired kemudian menghapus user tersebut.

Adapun cara membuat script adalah dari menu System → Script → Add

Script Hapus User Hotspot
Menu Script

Setelah itu, akan ditampilkan menu scritp barunya dan silahkan di tentukan nama script yang akan dibuat, misalkan hapus-user, dan pada bagian Source ketikkan perintah dibawah ini (versi router OS yang digunakan untk menjalankan script ini adalah versi 6.46.3).

#Remove expired users

{

:foreach ExpireUser in=[/tool user-manager user find where uptime-used=2m] do={

     /tool user-manager user remove $ExpireUser;

            }

}

Perlu diperhatikan pada script diatas, parameter yang digunakan untuk menentukan user yang akan dihapus adalah berdasarkan waktu yang telah dipakai oleh user untuk login ke hotspot gateway-nya, yaitu 2 menit (perhatikan pada bagian uptime-used=2m). Pada contoh ini kami menggunakan 2 menit karena pada profile user manager nya setiap user hotspot hanya diberikan jatah menggunakan akses internet selama 2 menit saja. Silahkan anda sesuaikan dengan profile yang anda gunakan, apakah berdasarkan waktu atau berdasarkan pada batasan quota. Sehingga hasil konfigurasi scriptnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

Script Hapus User Hotspot
Membuat Script

Simpan script tersebut dan hasil penyimpanan script nya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

Script Hapus User Hotspot
Membuat Script

Pada menu Script List diatas, ditampilkan bahwa saat ini hanya terdapat 1 script saja. Kita juga bisa melihat informasi kapan script tersebut terakhir kali dijalankan (Last time started) dan kita bisa juga melihat berapa kali script tersebut dijalankan (Run Count). Untuk menjalankan script ini, bisa dilakukan dengan mengklik tombol Run Script

Script Hapus User Hotspot
Menjalankan Script

Sebagai contoh, pada user manager terdapat sebuah user yang telah expired dengan nama Tamu. User tamu ini hanya bisa terkoneksi dengan hotspot gateway nya selama 5 menit saja. Oleh karena itu, kita akan mencoba menjalankan script tersebut untuk menghapus user dengan nama Tamu tersebut.

Script Hapus User Hotspot
User Hotspot Expired

 Kita coba jalankan script hapus-user yang telah dibuat sebelumnya, setelah dijalankan maka cobalah refresh user managernya, maka user yang telah expired tersebut akan hilang (terhapus). Supaya script ini bisa otomatis dijalankan untuk menghapus user-user hotpot gateway yang terlah expired, maka kita harus membuat sebuah schedule (penjadwalan) untuk menjalankan script nya secara berkala. Untuk membuat schedule dapat dilakukan melalui menu System → Scheduler → Add

Script Hapus User Hotspot
Membuat Schedule

Dalam membuat schedule ada beberapa parameter yang harus ditentukan seperti tampak pada gambar diatas. Pada bagian Name tentukan nama schedule-nya misalkan jadwal-hapus-user, kemudian pada bagian Start Date merupakan tanggal berapa schedule tersebut akan mulai dijalankan. Start Time merupakan pengaturan pada pukul berapa schedule akan dijalankan, dan pada bagian Interval harus ditentukan dalam berapa lama schedule akan dijalankan, misalkan setiap 5 menit sekali. Pada bagian On Event, harus berisi perintah untuk memanggil script hapus-user yang akan dijalankan dengan mengetikkan perintah “hapus-user”, ini merupakan nama dari script yang akan dijalankan. Adapun hasil konfgurasi schedule nya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

Script Hapus User Hotspot
Memanggil Script

Script Hapus User Hotspot
Schedule dijalankan

Saat ini, harusnya user-user hotspot yang sudah expired akan otomatis terhapus begitu script nya dijalankan secara otomatis berdsarkan jadwal yang telah disetting. Karena schedule yang akan dijalankan berkaitan dengan waktu, maka perlu diperhatikan tanggal dan waktu dari router mikrotik yang anda gunakan, pastikan tanggal dan waktu pada router mikrotiknya sudah benar supaya schedule yang diseting dapat berjalan dengan benar pula. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Hapus Otomatis Expired User Hotspot Mikrotik"