Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MAC Telnet & MAC Winbox Mikrotik

Dalam melakukan konfigurasi router mikrotik, ada bannyak cara yang bisa digunakan seperti menggunakan Winbox pada port 8291, web browser pada port 80, ataupun menggunakan telnet pada port 23. Dan untuk bisa melakukan konfigurasi pada router mikrotik melalui sebuah komputer maka paling tidak komputer tersebut harus terkoneksi secara langsung dengan router tersebut. Namun sebuah komputer tetap bisa melakukan konfigurasi terhadap router mikrotik yang masih baru (masih belum terkonfigurasi) walaupun komputer tersebut tidak terhubung secara langsung dengan router tersebut, seperti tampak pada ilustrasi gambar dibawah ini.

MAC Server Mikrotik
Topologi Jaringan

Seperti tampak pada gambar diatas, sebuah komputer terhubung secara langsung dengan sebuah router (Router-GW) melalui media kabel. Antara komputer dan router-GW tersebut masing-masing sudah disetting IP Addressnya, sehingga antara komputer tersebut dan routernya sudah bisa saling berkomunikasi, sehingga komputer tersebut bisa langsung melalukan konfigurasi terhadap router-GW jika ada konfigurasi pada router-GW yang perlu dilakukan. Dan pada contoh gambar tersebut terdapat sebuah router lain, yaitu router BR1 dimana router BR1 ini terhubung secara langsung dengan router GW. Router BR1 ini belum dikonfigurasi sama sekali.

Antara komputer dan router BR1 pada gambar tersebut tidak terkoneksi secara langsung, akibatnya komputer tersebut tidak akan bisa melakukan konfigurasi secara langsung terhadap router BR1 dikarenakan router BR1 masih belum dilakukan konfigurasi sama sekali (router baru) sehingga komputer tersebut tidak memiliki informasi IP Address ataupun MAC Address dari router BR1. Supaya komputer tersebut bisa melakukan konfigurasi terhadap router BR1 maka komputer tersebut harus melalui perantara router GW. Caranya adalah, komputer tersebut harus masuk ke konfigurasi router GW terlebih dahulu menggunakan winbox atupun telnet. Setelah itu, ketikkan perintah tool mac-telnet [tekan tombol Tab]

MAC Server Mikrotik
MAC Telnet

Setelah memasukkan perintah diatas dan menekan tombol TAB pada akhir perintah, maka akan dimunculkan daftar MAC Addres yang dikenali oleh router-GW, salah satunya adalah MAC Address router BR1 yaitu 08:00:27:8C:76:DC. Langkah selanjutnya adalah, kembali gunakan perintah tool mac-telnet host=Alamat_MAC_Address

MAC Server Mikrotik
Menggunakan MAC Telnet

Apabila MAC Address yang dimasukkan benar, maka router mikrotik akan mencoba mengakses MAC Address tersebut kemudian kita akan diminta untuk memasukkan user dan password dari router yang akan diakses. Apabila koneksi ke routerBR1 berhasil dilakukan maka kita kan langsung masuk ke konfigurasi routerBR1 seperti tampak pada gambar dibawah ini.

MAC Server Mikrotik
MAC telnet berhasil

Jika sudah berhasil login, maka konfigurasi-konfigurasi pada router BR1 sudah bisa dilakukan melalui komputer tersebut. Tentu saja dengan kita akan sangat terbantu dengan adanya fitur mac-telnet ini, sehingga kita tidak perlu repot-repot harus kelokasi tempat router tersebut berada untuk melakukan konfigurasi, terlebih lagi jika router tersebut berada pada lokasi yang sangat jauh dari tepat kita berada. Apabila konfiguras-konfigurasi pada router BR1 telah selesai dilakukan, maka untuk keluar dari router BR1 perintah yang diberikan adalah dengan kombinasi tombol Ctlr+D.

MAC Server Mikrotik
Keluar dari MAC Telnet

Apabila kita menggunakan winbox, untuk membuka MAC Telnet ini dapat dilakukan melalui menu Tools → Telnet → MAC Telnet

MAC Server Mikrotik
MAC Telnet melalui winbox

Untuk masalah keamanan, kita bisa mengatur supaya router kita tidak bisa diakses menggunakan alamat MAC Address, baik melalui Winbox maupun melalui telnet. Secara default, router mikrotik bisa diakses menggunakan alamat MAC Address dari setiap interface yang dimilikinya, karena MAC Server pada semua interface tersebut aktif secara default.

Langkah pertama, coba kita lihat MAC Server yang aktif pada setiap interface di router dengan menggunakan perintah tool mac-server mac-winbox print untuk melihat interface yang bisa diakses MAC Address nya melalui winbox dan  tool mac-server mac-telnet print untuk melihat interface yang bisa diakses MAC Address nya melalui telnet.

MAC Server Mikrotik
Pengecekan MAC Server

Jika menggunakan winbox, dapat diakses melalui menu Tools → MAC Server

MAC Server Mikrotik
MAC Server Winbox

Perhatikan pada keterangan All pada bagian allowed-interface-list pada masing-masing perintah diatas, keterangan All ini menunjukkan bahwa semua interface mikrotik diaktifkan MAC Servernya. Apabila kita ingin mematikan fungsi MAC Server pada semua interface maka gunakan perintah tool mac-server set allowed-interface-list=none dan perintah tool mac-server mac-winbox set allowed-interface-list=none.

MAC Server Mikrotik
Disable MAC Server

Saat ini, router mikrotik sudah tidak bisa lagi dikonfigurasi dengan menggunakan alamat MAC Address, baik melalui winbox ataupun melalui telnet, seperti tampak pada gambar dibawah ini.

MAC Server Mikrotik
Pengujian MAC Server

MAC Server Mikrotik
Pengujian MAC Server

Seperti tampak pada gambar diatas, walaupun MAC Address dari interface router diketahui namun dengan dimatikannya MAC Server pada interface tersebut mengakibatkan koneksi MAC-Winbox maupun MAC-Telnet ke interface tersebut diblok. Namun, apabila kita menginginkan supaya terdapat salah satu interface yang dibolehkan untuk diakses melalui MAC-Address nya, maka caranya adalah dengan mendaftarkan MAC Address tersebut pada Allowed interface list di MAC-Server mikrotiknya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat sebuah interface list menggunakan perintah interface list add name=Nama_Interface

MAC Server Mikrotik
Membuat interface list

Kemudian memasukkan interface router yang akan dibolehkan untuk diakses melalui MAC Address kedalam interface list yang sudah dibuat, misalkan saja pada contoh ini interface ether1.

MAC Server Mikrotik
Menambah member interface list

Apabila menggunakan winbox, untuk membuat dan menambahkan interface list dilakukan melalui menu Interface → interface list → list

MAC Server Mikrotik
Interface List Winbox

Langkah terakhir adalah mengizinkan MAC Server hanya aktif pada interface list yang sudah dibuat, mengguanakan perintah :

MAC Server Mikrotik
Edit MAC Server

Saat ini ether1 yang merupakan bagian dari interface list Local sudah bisa diakses kembali menggunakan alamat MAC Address nya.

MAC Server Mikrotik
Pengujian MAC Server

Jika menggunakan winbox, maka tampilan dari MAC server mikrotik nya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

MAC Server Mikrotik
Hasil edit MAC Server

Apabila Anda menginginkan supaya MAC Address dari setiap interface router mikrotik tidak terbaca oleh komputer klient, maka hal ini bisa dilakukan dengan mematikan fitur Discovery Neighbor router mikrotik nya seperti gambar dibawah ini.

MAC Server Mikrotik
Neighbor Mikrotik

Pada bagian Discovery Setting pilih None, sehingga informasi MAC Address dari interace router Anda tidak akan ditampilkan. Namun, walaupun alamat MAC Address router tidak ditampilkan, komputer klien tetap bisa masuk ke konfigurasi router melalui alamat MAC Address tersebut jika komputer tersebut sebelumnya telah mengetahui berapa alamat MAC Address nya dan MAC Server diaktifkan pada interface tersebut.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat..

Post a Comment for "MAC Telnet & MAC Winbox Mikrotik"