Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konfigurasi Kids Control Mikrotik

     Kids Control, ini merupakan salah satu fitur dari router mikrotik yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal penggunaan internet klien yang terkoneksi dengan router mikrotik kita. Misalkan kita memiliki anak-anak di rumah yang menggunakan koneksi internet melalui perantara router mikrotik yang ada, kemudian kita mengiginkan supaya anak-anak tersebut hanya bisa menggunakan koneksi internet hanya pada waktu-waktu tertentu, maka fitur kids control ini sangat cocok untuk keperluan tersebut. Kita juga bisa menggunakan fungsi kids control ini untuk mengatur jadwal internet pada sekolah, kantor dan sebagainya. Jika ada yang bertanya, bukankah dengan melakukan pengaturan pada firewall mikrotik kita bisa melakukan pembatasan akses internet juga ? Jawabannya tentu saja bisa. Tapi dengan menggunakan kids control, setiap orang bisa melakukan pembatasan koneksi internet ini dengan sangat simple dan mudah sekali tanpa harus mempelajari konfigurasi-konfigurasi yang sulit pada firewall tersebut.

Sebelum melakukan konfigurasi pada kids control nya, pastikan bahwa pada router mikrotik telah dilakukan konfigurasi firewall NAT dengan action masquerade supaya komputer klien bisa terkoneksi dengan internet dan pada router juga sudah terkonfigurasi DHCP Server supaya komputer atau perangkat yang dimiliki oleh klien bisa mendapatkan IP Address secara otomatis. Dan tidak kalah penting adalah, pastikan settingan tanggal dan jam pada router mikrotik sudah tepat karena konfigurasi kids control ini sangat erat kaitannya dengan waktu. Untuk konfigurasi tanggal dan jam pada router mikrotik sebaiknya diaktifkan fungsi NTP Client nya sehingga tanggal dan jam pada router mikrotik akan di syncron kan dengan NTP Server yang ada.

Untuk melakukan konfigurasi kids control secara garis besar ada 2 langkah yang harus dilakukan, pertama membuat profile yang akan digunakan oleh klien. Profile ini berisi informasi tentang hari apa saja komputer atau perangkat klien boleh terkoneksi dengan internet serta berapa bandwidth yang boleh dipakai oleh klien tersebut. Kita bisa membuat lebih dari satu profile tergantung kebutuhan kita, dan 1 profile bisa digunakan oleh lebih dari 1 klien.

Kids Control Mikrotik
Profile Kids Control Mikrotik

Langkah kedua adalah mendaftarkan perangkat-perangkat yang dimiliki oleh komputer klien dan memasukkan perangkat tersebut kedalam profile yang sebelumnya telah dibuat.

Kids Control Mikrotik
Device Kids Control Mikrotik

Untuk memulai konfigurasi kids control pertama kita coba melihat ada tidak profile yang sudah terdaftar pada router mikrotik dengan menggunakan perintah ip kid control print.

Kids Control Mikrotik
Melihat profile list

Tampak pada gambar diatas, saat ini masih belum ada profile yang terbentuk. Pada gambar tersebut juga terdapat beberapa flag yaitu :

·         Flag X menunjukkan bahwa profile tidak diaktifkan

·         Flag P menunjukkan bahwa profile dalam kondisi di hentikan sementara

·         Flag B menunjukkan bahwa profile dalam kondisi di block

·         Flah L menunjukkan bahwa profile tersebut dilimitasi penggunaan bandwidth nya.

 Sebagai contoh awal, kita akan membuat sebuah profile yang akan memberikan hak akses kepada klien hanya pada setiap hari senin sampai sabtu mulai dari jam 08:00 sampai dengan jam 23:00 dengan limitasi bandwidth download dan upload sebesar 1Mbps, adapun pada hari Ahad akses internet dimatikan, maka perintah yang bisa digunakan adalah :

Kids Control Mikrotik
Membuat Profile Baru

Dengan perintah diatas, kita sudah berhasil membuat satu buah profile dengan limitasi seperti yang telah ditentukan sebelumnya. Adapun jika menggunakan winbox, untuk membuka kids control dan membuat profile dapat dilakukan melalui menu IP → Kids Control → Kids → +.

Kids Control Mikrotik
Membuat Profile Kids Control melalui Winbox

Jika diperhatikan, pada profile yang telah dibuat tedapat flag L pada profile tersebut (perhatikan tanda panah berwarna merah pada gambar diatas) ini menunjukkan bahwa komputer yang akan menggunakan profile tersebut saat ini bisa terkoneksi ke internet namun bandwidth nya dibatasi. Sekali lagi perlu diperhatikan untuk konfigurasi kids control ini sangat erat kaitannya dengan tanggal dan jam. Karna jika pengaturan tanggal dan jam pada router mikrotik salah, maka konfigurasi kids control yang dibuat tidak akan berfungsi dengan baik.

Kids Control Mikrotik
Profile Kids Control

Perhatikan gambar diatas, router mikrotik mengetahui bahwa suatu profile yang ada dalam kondisi aktif, blok, bandwidth terlimit adalah berdasarkan pada waktu yang sedang berjalan pada router mikrotik nya. Seperti pada gambar diatas, pada profile tersebut untuk hari jumat koneksi internet untuk profile tersebut hanya diijinkan terkoneksi dari jam 08-23 adapun tanggal dan jam yang berjalan di router mikrotik menunjukkan bahwa pada tanggal 7 agustus 2020 yang merupakan hari kamis waktu menunjukkan pukul 22:38 sehingga pada flag tersebut diberikan tanda L. Jika waktu pada router mikrotik telah melebihi pukul 23:00 maka profile tersebut akan berubah dalam kondisi blok dengan diberikan flag B.

Kids Control Mikrotik
Profile Kids Control

Setelah profile terbentuk, maka saat ini kita bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu mendaftarkan perangkat-perangkat klien yang akan dibatasi waktu akses internetnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, kita harus mengetahui berapa MAC Address dari setiap perangkat klien tersebut. Untuk mendapatkan alamat MAC Address ini, kita bisa mengetahui nya melalui beberapa cara, bisa dari DHCP Server Lease, ataupun dari kids control sendiri melalui tab menu device.

Kids Control Mikrotik
Perangkat yang terhubung melalui DHCP Server

Kids Control Mikrotik
Perangkat yang terdeteksi Kids Control 

Perintah yang digunakan untuk menambahkan perangkan klien adalah ip kid-control device add name=Nama_Device mac-address=Alamat_MacAddress user=Nama_Profile disabled=no

Kids Control Mikrotik
Menambah Device melalui Command

Jika menggunakan winbox untuk menambahkan device kid control dapat dilakukan melalui menu IP → Kids Control → Device → +.

Kids Control Mikrotik
Menambah device 

Apabila penambahan device berhasil dilakukan maka seperti tampak pada gambar diatas, perangkat klien tersebut akan langsung diketahui informasi IP Address yang didapatkan, status dari device nya apakah terblock atau tidak dan informasi lainnya. Jika diperhatikan, pada menu device kids control juga terdapat perangkat-perangkat lain yang sudah terdeteksi yang memiliki Flag D (dynamic),  untuk perangkat klien ini walaupun terdeteksi pada device kid control namun perangkat ini belum di manage oleh kid control akses internetnya, karena perangkat ini belum terdaftar pada profile manapun perhatikan keterangan Unknown pada keterangan User.

Kids Control Mikrotik
List Device

Oleh karena itu, perangkat ini masih bisa terkoneksi ke internet tanpa ada pembatasan waktu akses sama sekali. Setelah Profile dan Dervice terdaftar paka kids control, maka sekarang coba buka menu Simple Queue dan Firewall Filter melalui menu IP → Firewall → Filter , pada menu tersebut akan terbentuk secara otomatis pengaturan bandwidth pada simple queue dan pengaturan firewall filter untuk pembatasan waktu koneksi internet pada menu firewall filter.

Kids Control Mikrotik
Pengaturan Bandwidth

Kids Control Mikrotik
Pengaturan Firewall

Dengan menggunakan kids control ini, konfigurasi-konfigurasi untuk pembatasan waktu koneksi internet serta bandwidth yang boleh digunakan menjadi sangat gampang yaitu hanya dengan dua langkah saja.

Unlimited Bandwidth

Jika diperhatikan, saat membuat profile pada kids control, terdapat 2 buah pilihan hari dan jam sebuah device boleh terkoneksi ke internet sperti tampak pada gambar dibawah ini.

Kids Control Mikrotik
Profile

Untuk keterangan hari pada bagian pertama (posisi sebelah atas, point nomer 1) terdapat keterangan Unlimited Rate sedangkan pada keterangan hari yang lain tidak terdapat keterangan Unlimited Rate (point nomer 2) tersebut dan hanya menggunakan hama hari saja. Untuk unlimited rate [nama_hari], digunakan apabila kita mengiginkan sebuah device pada hari dan jam tertentu bisa menggunakan semua alokasi bandwidth yang tersedia. Misalkan, untuk profile 2 yang sudah kita buat sebelumnya, kita ingin supaya komputer atau perangkat yang menggunakan profile tersebu tidak dibatasi pennggunaan bandwidth internetnya pada hari Ahad, mulai dari pukul 08:00-10:00 dan 22:00-23:00, maka konfigruasi yang dilakukan akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Kids Control Mikrotik
Profile Unlimited Bandwidth

Jika hari dan jam untuk unlimited rate sudah tercapai maka, komputer atau perangakat yang menggunakan profile tersebut tidak akan dibatasi lagi penggunaan bandwidth nya pada jam yang telah di atur, silahkan diuji. Perlu diketahui, unlimited rate [nama_hari] memiliki prioritas yang lebih tinggi dari selain unlimited rate. Jika terdapat konfigurasi yang sama pada unlimited rate dan konfigurasi non unlimited rate, paka router mikrotik akan mengabaikan konfigurasi non unlimited rate nya.

Pada kids control, terdapat juga tombol untuk melakukan pause dan resume, dimana tombol pause digunakan untuk menghentikan sementara akses internet yang sedang berjalan pada profile yang diinginkan sehingga perangkat/komputer yang menggunakan profile tersebut akan terputus akses internetnya. Adapun tombol resume digunakan untuk melanjutkan kembali profile yang sebelumnya sudah di pause.

Kids Control Mikrotik
Pause dan Resume

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Konfigurasi Kids Control Mikrotik"