Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Full Step Netinstall Router Mikrotik

Netinstall merupakan salah satu diantara beberapa cara yang bisa digunakan dalam melakukan instalasi router mikrotik. Ada beberapa hal yang mengharuskan kita melalukan instalasi router mikrotik dengan Netinsrall, diantaranya seperti router Mikrotik yang tidak bisa diakses lagi, bukan karena lupa password tapi memang saat mencoba mengakses router, router mikrotik tersebut seperti tidak terdeteksi padahal kondisi routernya hidup. Adapun jika kita lupa password admin router mikrotik kita bisa saja melakukan hard reset pada router mikrotik nya. Kemudian hal lain yang bisa menyebabkan instalasi router mikrotik ini melalui net install adalah  karna router mengalami boot loop yaitu router mikrotok resrart secara terus menerus, serta masalah-masalah lainnya yang tidak bisa diatasi dengan mereset router mikrotik nya.

Persiapan

Untuk melakukan Net Install, ada bebrapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu yaitu :

1.      Sebuah Komputer atau Laptop

Komputer atau laptop kita akan gunakan untuk menjalankan program Netinstall, komputer atau laptop tersebut tentunya harus memiliki interface Ethernet untuk terhubung dengan router mikrotik nya.

2.      Kabel UTP ukuran 1-2 meter (Straight)

Kabel UTP ini akan digunakan untuk menghubungkan antara router mikrotik dengan komputer atau laptop sehingga Net Install bisa dijalankan

3.      OS Mikrotik

OS Mikrotik dapat didownload dari server nya mikrotik di https://mikrotik.com/download. Perlu diperhatikan saat melakukan download OS pastikan versi OS didownload sesuai dengan type router mikrotik yang anda gunakan, apakah menggunakan MIPSBE, SMIPS, ARM64, ARM atau yang lainnya.

Netinstall Router Mikrotik
Download Router OS

Perhatikan pada gambar diatas, setiap type mikrotik sudah memiliki type OS yang digunakan. Jika sudah menemukan type OS yang sesuai dengan router yang anda gunakan, silahkan download yang keterangannya main package pada bagian stable.

4.      Program Netinstall

Hal terakhir yang dibutuhkan adalah aplikasi netinstall itu sendiri, applikasi ini juga bisa didownload dari https://mikrotik.com/download  pada bagian netinstall pilih juga yang stable.

Netinstall Router Mikrotik
Download Netisntall

Langkah Instalasi

Setelah semua persiapan selesai, maka langkah pertama adalah hubungkan router mikrotik dengan komputer atau laptop yang akan digunakan untuk proses instalasi menggunakan kabel UTP (pastikan router mikrotik dalam kondisi mati). Perlu diperhatikan, kabel UTP yang dihubungkan ke port Ethernet pada router mikrotik harus dipasang pada Ether Boot dari routernya. Biasanya, ether boot pada router mikotik terdapat pada ether1, kecuali untuk seri router tertentu terdapat keterangan ether boot pada interface Ethernet nya. Apabila komputer atau laptop yang digunakan memiliki lebih dari satu interface Ethernet, maka disarankan untuk men-disable interface tersebut dan interface Ethernet yang digunakan untuk instalasi netinstall saja yang dalam keadaan aktif/enable.

Jalankan aplikasi netinstall, klik kanan pada aplikasi netinstall dan pilih run as administrator (jika menggunakan system operasi windows).

Netinstall Router Mikrotik
Menjalankan applikasi Netinstall


Netinstall Router Mikrotik
Tampilan aplikasi netinstall

Perhatikan pada gambar diatas, pada bagian Router/Drivers (keterangan angka no 1), akan ditampilkan semua partisi hardisk dari komputer beserta juga nantinya akan ditampilkan router mikrotik yang akan diinstall. Pada tomol Net Booting (keterangan angka no 2), merupakan pengaturan IP Address yang harus dilakukan pada applkasi netinstall nya. Silahkan di klik tombol net booting tersebut seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Netinstall Router Mikrotik
Konfigurasi Netbooting

Pada bagian ini, kita harus memberikan IP Address pada netinstall nya. IP address yang kita isikan bersifat bebas (menggunakan IP Address private), misalkan 192.168.1.1 dan centang juga pada bagian Boot server enabled. Setelah memberikan IP Address pada netinstall, maka pada komputer yang kita gunakan untuk installasi netinstall ini juga harus dikonfigurai IP Address yang satu subnet dengan IP Address pada applikasi netinstallnya, misalkan pada komputer kita berikan IP Address 192.168.1.2.

Netinstall Router Mikrotik
Konfigurasi IP Address

Pada bagian Packages (keterangan angka no 3), klik tombol Browse dan arahkan ke lokasi folder OS mikrotik yang sebelumnya telah di download, sehingga pada bagian deskripsi akan ditampilkan detail dari OS mikrotik yang sudah di download.

Netinstall Router Mikrotik
Persiapan Instalasi dengan Netinstall

    Setelah langkah-langkah datas dilakukan, maka pastikan router mikrotik tetap dalam kondisi mati. Kemudian tekan dan taham tombol reset pada router mikrotik bersamaan dengan menghidupkan router mikrotik tersebut. Setelah router mikrotik menyala, perhatikan pada aplikasi netinstall maka pada bagian Router/Drives akan ditampilkan informasi dari router tersebut, dan lepas tombol reset pada router mikrotik.

Netinstall Router Mikrotik
Memulai instalasi
        Setelah router mikrotik terdeteksi, maka klik OS yang akan dinstall dan klik nama router mikrotik kemudian klik tombol insall. Apabila proses instalasi berhasil, maka akan ada keterangan bahwa router mikrotik sudah berhasil diinstall, dan silahkan akses router mikrotik tersebut melaui winbox atau yang lainnya untuk proses konfigurasi-konfigurasi. Perlu diperhatikan, hati-hatilah saat mengklik nama router anda, pastikan yang terklik adalah router tersebut jika salah pilih bisa jadi anda tidak sengaja mengklik salah satu partisi hardisk dari komputer atau laptop maka OS mikrotik tersebut akan terinstall pada partisi hardisk yang akan menyebabkan hilangnya data-data anda !!! Apabila router mikrotik anda tidak kunjung terdeteksi pada netinstall, maka cobalah untuk mendisable antivirus pada komputer, ganti kabel UTP (kabel jaringan) yang digunakan, serta pastikan kabel UTP tersebut terpasang pada ether boot router mikrotik. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

 



Post a Comment for "Full Step Netinstall Router Mikrotik"