Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Windirstat, Tool Statistik Penggunaan Hardisk

Windows Directory Statistic (Windirstat)

Windows Directory Statistic (Windirstat) merupakan sebuah tools free yang bisa digunakan untuk melihat statistik penggunaan hardisk serta bisa juga digunakan untuk melakukan pembersihan file-file yang ada. Sekilas memang tools ini memang sederhana kalau dilihat dari fungsi kerjanya. Namun, untuk orang-orang yang bergelut pada bidang manajemen file, misalkan seperti file server maka tools ini akan dirasakan sangat bermanfaat, karena dengan tools ini kita bisa melakukan monitoring terhadap file server secara langsung. Kita bisa melihat file apa saja yang ukurannya paling besar yang menyebabkan resource storage device file server kita terkuras, tanpa harus melakukan pengecekan satu persatu dari setiap folder pada file server untuk menemukan file yang besar tersebut.

Applikasi Windirstat ini bisa kita download dan manfaatkan secara gratis, melalui situs resminya di https://windirstat.net/download.html. Applikasi ini compatible untuk beragam versi Windows, baik itu windows server ataupun client serta ukuran dari installer filenya kurang dari 1 MB.  Proses installasi applikasinya tidak susah, tinggal mengikuti instruksi instalasi yang sudah disediakan.

Proses Instalasi Windristat
Proses Instalasi Windristat

Setelah selesai melakukan proses instalasi, maka jalankan windirstat setelah itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan drive mana yang akan dianalisa. Kita bisa memilih semua drive yang ada pada komputer, atau hanya memilih drive tertentu atau bahkan hanya folder tertentu saja.

Penentuan Drive
Penentuan Drive

Jika telah menetukan drive mana yang akan dianalisa, maka klik tombol Ok setelah itu proses analisa pada drive tersebut akan dilkukan. Proses ini akan berlangung 10-15 menit tergantung dari ukuran drive dan banyaknya file pada drive tersebut.

Proses Scanning Drive
Proses Scanning Drive

Jika proses scanning drive telah berhasil dilakukan, maka Windirstat akan menampilkan seluruh isi dari drive tersebut seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Display Windirstat
Display Windirstat

Secara garis besar, tampilan dari windirstat terbagi menjadi 4 bagian utama yaitu :

1.      Toolbar

Toolbar Windirstat
Menu Toolbar

Toolbar dapat digunakan untuk melakukan proses-proses yang berkaitan dengan file yang sedang dianalisa, seperti menghapus file, membuka lokasi file serta konfigurasi-konfigurasi lainnya.

2.      FileType

Filetype Windirstat
Filetype Windirstat

Pada bagian ini, akan ditampilkan file-file yang telah dikelompokkan berdasarkan type file nya, dan akan ditampilkan juga ukuran total dari semua file tersebut.  Dengan file type ini kita akan mengathui file-file apa saja yang berukuran sangat besar yang ada pada komputer kita. Jika diperhatikan, pada file type, setiap type file juga diberikan warna masing-masing sebagai penanda. Warna-warna pada type file ini akan berkaitan dengan treemap.

3.      TreeMap

Treemap
Treemap

      Pada bagian ini, akan ditampilkan file-file dalam bentuk warna-warna berdasarkan pada filetype. Jika warna-warna file pada treemap ini diklik, maka secara otomatis akan ditampilkan lokasi dari file tersebut pada status barnya.

Relasi Treemap dengan Statusbar
Relasi Treemap dengan Statusbar

4.      Statusbar

Seperti yang sebelumnya diterangkan, status bar ini akan menampilkan informasi lokasi file yang sedang diseleksi baik pada tree map maupun pada nama folder pada Windirstat nya. Dan status bar berada pada bagian paling bawah dari tampilan menu Windirstat.

 

Nah, demikian sedikit ulasan mengenai windirstat ini, tools ini memang sederhana namun akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang bergelut dibidang File Server atau semisalnya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Windirstat, Tool Statistik Penggunaan Hardisk"