Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Atasi Error SMBv1 Windows 10

Atasi Error SMBv1 Windows 10

Pada versi windows yang terbaru, tepatnya windows 10 dan windows server versi 1709 keatas, ada sebuah fitur yang secara default tidak terinstall, yaitu fitur Server Message Block version 1 (SMBv1). Dengan tidak adanya fitur SMBv1 tersebut, maka jika komputer yang anda gunakan akan melakukan koneksi kekomputer  atau perangkat yang tidak mendukung SMBv1 maka anda akan mendapatkan pesan-pesan error seperti “You can't connect to the file share because it's not secure. This share requires the obsolete SMB1 protocol…”, atau “The specified network name is no longer available..”, atau “Unspecified error 0x80004005”, atau “System Error 64”, dan pesan error yang lain, silahkan klik pada link ini  untuk melihat detail-detail error yang berhubungan dengan SMBv1.

Fitur SMBv1 ini dihilangkan dari fitur-fitur yang ada pada versi terbaru dari Microsoft windows adalah karena alasan security. Namun kita tetap bisa mengaktifkan kembali SMBv1 ini pada komputer yang kita gunakan, karena beberapa alasan, misalkan seperti komputer yang kita gunakan perlu terhubung dengan file server yang masih mnggunakan OS Windows Server 2003, sehingga mau tidak mau kita harus mengaktifkan kembali SMBv1 ini pada komputer kerja yang kita gunakan, atau karena sebab-sebab teknis lainnya.

Untuk mengaktifkan fitur SMBv1 ini, masuk ke Control Panel Windows, dan masuk pada pengaturan Program and Features kemudian pilih Turn Windows Features on or off.

Control Panel Windows
Control Panel Windows

Setelah itu, akan ditampilkan daftar fitur-fitur windows dan cari fitur yang bernama SMB 1.0/CIFS File Sharing Support kemudian berikan tanda centang pada bagian SMB 1.0/CIFS Client kemudian klik tombol Ok.

Aktifkan fitur SMBv1
Aktifkan fitur SMBv1

Apabila proses penambahan fitur SMBv1 ini berhasil, maka kita kan diminta untuk merestart komputer seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Proses Aktifkan SMBv1 Selesai
Proses Aktifkan SMBv1 Selesai

Setelah komputer hidup kembali, seharusnya saat ini komputer kita sudah bisa terkoneksi dengan komputer atau device yang masing menggunakan fitur SMBv1 ini. Terima kasih telah berkunjung, dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Atasi Error SMBv1 Windows 10"