Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Radmin VPN, VPN Handal & Gratis, Full Tutorial

Menghubungkan komputer yang saling berjauhan jaraknya antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya saat ini tidaklah sulit, karena hadirnya VPN. Dengan VPN, kita bisa membuat seolah-olah komputer-komputer yang berjauhan tersebut seakan-akan berada ada satu jaringan LAN yang sama. Tentunya hal ini sangat bermanfaat dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan pekerjaan, sekolah ataupun bermain game. Biasanya untuk membangun sebuah jaringan VPN diperlukan konfigurasi-konfigurasi yang lumayan rumit, mulai dari konigurasi VPN Server, VPN Klien dan lain-lainnya. Namun, saat ini sudah banyak applikasi-applikasi VPN yang sudah siap untuk kita gunakan tanpa perlu membangun VPN dari nol dan melakukan konfigurasi-konfigurasi yang rumit.

Dari sekian banyak applikasi-applikasi VPN yang bertebaran di internet, berikut ini merupakan salah satu bebepara alternative VPN yang bisa Anda gunakan secara gratis (Open Source), yaitu Radmin VPN.

Radmin VPN

Radmin VPN
Radmin VPN
      Radmin VPN merupakan salah satu dari sekian banyak virtual private network  (VPN) yang bisa digunakan secara gratis. Dengan Radmin VPN, kita bisa membuat sebuah komputer yang berada pada lokasi yang berjauhan seakan-akan terhubung dalam satu jaringan LAN yang sama. Cara konfigurasi Radmin VPN sangatlah mudah, disamping kemudahan konfigurasi tersebut Radmin VPN tetap memperhatikan keamanan koneksi setiap klien, kecepatan koneksi hingga 100 Mbps, banyaknya jumlah komputer yang bisa terhubung, serta program VPN yang handal. Anda bisa secara mendownload programnya melalui situs resminya di link berikut. https://www.radmin-vpn.com/id/. Setelah mendowload aplkasinya, ikuti langkah-langkah instalasi dan konfigurasi Radmin VPN dibawah ini.

Instalasi Radmi nVPN
Instalasi Radmi nVPN

Seperti proses installasi program secara umum, pertama-tama kita akan diminta untuk memilih bahasa yang akan digunakan oleh program tersebut, kita bisa sesuaikan dengan bahasa yang mudah kita fahami, setelah itu klik tombol OK.

License Agreement RadminVPN
License Agreement RadminVPN

Centang pilihan I Accept the agreement kemudian klik tombol install, untuk memulai proses instalasi Radmin VPN dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

Radmin VPN
Radmin VPN

Setelah proses instalasi selesai, maka harusnya tampilan dari Radmin VPN nya seperti tampak pada gambar diatas. Secara garis besar, menu-menu yang ada pada Radmin VPN terbagi menjadi 3 bagian (perhatikan nomor 1-3 pada gambar diatas) yaitu :

1.      Tools menu, menu ini terdiri dari 3 buah menu yaitu System pada menu ini bisa mengganti nama dari Radmin VPN yang terinstall di komputer kita, mengganti thema, serta pengaturan proxy. Pada menu Network kita bisa membuat network baru atau bergabung (joint) dengan network lainnya yang sudah ada. Adapun untuk menu Help, kita bisa gunakan untuk mencari bantuan seputar cara penggunaan Radmin VPN nya serta melakukan instalasi Radmin Server.

2.      Pada bagian menu ini, akan ditampilkan status On/Off dari Radmin VPN nya, apabila kondisi internet dari komputer normal maka status pada radmin VPN nya akan bertuliskan ON. Pada bagian ini juga kan ditampilkan nama dari Radmin VPN serta IP Address yang didapatkan.

3.      Pada bagian menu ini, kita bisa membuat network baru atau bergabung dengan network yang sudah ada.

Setelah mengetahui menu-menu dari Radmin VPN ini, sekarang saatnya kita mulai membangun jaringan VPN nya ! Untuk mulai membuat VPN, caranya ialah dengan mengklik tombol Create Network atau Joint Network. Perbedaan dari kedua menu ini adalah adalah sebagai berikut :

1.      Create Network

Sesuai dengan namanya, create network adalah menu yang kita gunakan untuk membuat group VPN baru yang kita inginkan. Misalkan kita ingin membuat group VPN untuk kantor atau sekolah dengan nama LabKomputer maka caranya klik tombol menu create network isikan nama network beserta password yang dikehendaki.

Membuat Group VPN
Membuat Group VPN 

Apabila pembuatan VPN nya berhasil, maka tampilan dari Radmin VPN akan seperti tampak pada gambar dibawah ini

Group Radmin VPN
Group Radmin VPN

Pada gambar diatas, masih belum terdapat anggota VPN yang ikut bergabung. Apabila ada orang yang ingin bergabung dengan group VPN kita, maka nama serta password VPN yang telah kita buat harus diketahui oleh orang tersebut untuk bisa ikut bergabung (joint network) dengan VPN yang telah kita buat.

2.      Joint Network

Menu ini digunakan untuk ikut bergabung ke group VPN yang telah ada. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya untuk bisa ikut bergaung ke sebuah group VPN maka kita harus mengetahui nama serta password dari Group VPN tersebut. Jika telah mengetahui nama dan password group VPN, maka tinggal klik menu joint network dan klik tab menu private network seperti gambar dibawah ini.

Joint Network Radmin VPN
Joint Network Radmin VPN

Apabila nama group serta password VPN yang dimasukkan benar, maka secara otomatis komputer kita akan dimasukkan ke group VPN tersebut, perhatikan gambar dibawah ini.

Group dan Anggota VPN
Group dan Anggota VPN

Perhatikan gambar diatas, saat ini Group VPN LabKomputer memiliki 2 orang member yaitu komputer dengan nama WS01, dan komputer dengan nama HP (perhatikan yang didalam garis berwarna merah). Berikut ini merupakan tampilan dari Radmin VPN pada komputer masing-masing komputer di group VPN LabKomputer.

Radmin VPN
Radmin VPN

Saat ini antara komputer WS01 dengan HP sudah bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya seakan-akan terhubung pada jaringan LAN yang sama dan sudah bisa saling berbagi file menggunakan file sharing, serta berbagi sumber daya jaringan lainnya. Silahkan uji koneksi dari masing-masing komputer, caranya bisa dengan ping IP Radmin VPN dari setiap komputer. Apabila akan ada komputer lain yang ingin ikut bergabung ke group VPN yang sudah dibuat, maka caranya sama seperti langkah joint network sebelumnya.

Dengan Radmin VPN, kita bisa membuat lebih dari satu Network dan kita juga bisa joint ke lebih dari satu group VPN !! caranya sama seperti langkah membuat Group VPN baru dan Joint Network yang telah dijelaskan sebelumnya namun melalui menu Network pada tools menu. Dan yang lebih menarik lagi dari Radmin VPN ini adalah kita bisa ikut joint ke group VPN para Gamers !! Caranya adalah saat melakukan joint network, pilih tab menu Gaming Network, maka akan ditampilkan semua daftar group VPN Game yang ada tinggal pilih game nya dan klik Joint !!

Daftar Group Game VPN
Daftar Group Game VPN

Radmin Server

Dengan Radmin VPN kita juga bisa melakukan remote ke komputer lain, chatting, transfer file dan lain-lain. Untuk bisa menggunakan fitur ini, maka di setiap komputer yang akan di remote harus diinstall terlebih dahulu Radmin Server nya, caranya ialah dari menu Help → Install Radmin Server.

Install Radmin Server
Install Radmin Server

Proses installasi nya sangat mudah, tinggal next → accept dan install kemudian tunggu sampai proses instalasi selesai dijalankan.

Instalasi Radmin Server
Instalasi Radmin Server

Setelah proses intsalasi selesai, ada beberapa hal yang perlu dikonfigurasi pada Radmin Server nya, yang pertama adalah pastikan Startup Mode dari radmin servernya menjadi automatic, hal ini supaya kita tidak perlu menjalankan manual Radmin Server setiap kali komputer restart.

Startup Mode Radmin Server
Startup Mode Radmin Server

Konfigurasi selanjutnya yang perlu di setting adalah Permission, pada permission inilah tempat kita mengatur apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh orang yang akan melakukan remote ke komputer kita. Untuk memulai pengaturan permission, klik tab menu permisstions pada bagian Radmin Security Mode pilih Radmin Security, dan klik Permission

Permissions Radmin Server
Permissions Radmin Server

Kemudian akan ditampilkan semua daftar security yang kita izinkan berjalan pada komputer seperti remote, transfer file, chatting, voice chat, dan lain-lain seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Radmin Service Server
Radmin Service Server

Pertama-tama kita akan tambahkan user baru pada Radmin Server, dimana user ini yang akan digunakan oleh orang yang hendak melakukan remote ke komputer kita. Klik add user, kemudian masukkan user dan password yang dikehendaki, kemudian centang semua daftar yang ada pada list securitynya.

Konfigurasi Service Radmin Server
Konfigurasi Service Radmin Server

Setelah konfigurasi selesai dilakukan, saat ini komptuer tersebut sudah siap menerima koneksi remote, transfer file dan service lainnya dari komputer lain. Sekarang mari kita coba remote ke komputer tersebut. Caranya adalah dengan double klik pada nama komputer pada radmin VPN nya kemudian masukkan username dan password.

Remote Komputer dengan Radmin VPN
Remote Komputer dengan Radmin VPN

Apabila user dan password yang dimasukkan benar maka anda akan bisa mengakses komputer tersebut untuk bisa melakukan file transfer, chatting dan lain sebagainya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

2 comments for "Radmin VPN, VPN Handal & Gratis, Full Tutorial"

  1. bagaimana cara agar bisa untuk android?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini, Radmin VPN nya belum tersedia untuk Androidnya nya, Bang.

      Delete