Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Standar User Bisa Menjalankan Applikasi Tanpa Autentikasi Administrator


Level user account pada sistem operasi Windows terbagi menjadi 2 level, yaitu level Administrator dan non Administrator atau standar user. User account dengan level administrator memiliki hak penuh terhadap sistem komputer, seperti penginstalan aplikasi, menghapus aplikasi, menjalankan semua applikasi, pengaturan sistem komputer, bahkan menghapus dan membuat standar user account windows.  Adapun standar user, seperti namanya tidak memiliki hak penuh terhadap sistem komputer, dan hanya diberikan akses yang sangat terbatas, tidak seperti user Administrator. Bahkan dalam menjalankan applikasi, tidak semua applikasi bisa dijalankan oleh standar user dan harus dengan approval user administrator.
Autentikasi Administrator
Autentikasi Administrator
Security pada level user Windows ini sangat bermanfaat apabila anda membangun sebuah jaringan komputer dengan banyak pengguna, dimana para pengguna tersebut dibuatkan user account windows pada setiap komputer namun dengan level standar user demi keamanan jaringan komputernya sehingga para pengguna komputer yang memiliki user account windows dengan level standar user tidak bisa memodifikasi komputer dan jaringan Anda. Untuk mengetahui daftar user beserta level usernya pada sistem operasi windows dapat di periksa melalui control panel → user account.
User Account Windows
User Account Windows
Namun terkadang, ada kondisi yang mengharuskan user account dengan level standar user harus menjalankan aplikasi-aplikasi yang hanya bisa dijalankan oleh user administrator namun pihak administrator tidak ingin memberikan password administrator untuk user tersebut karena alasan keamanan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara supaya user non Administrator bisa menjalankan applikasi tersebut.  Pada tulisan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara supaya user non Administrator bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang hanya bisa dijalankn oleh user administrator tanpa harus share password administratornya.

Cara Pertama, User Account Control Setting (UAC)

Cara pertama adalah dengan melakukan perubahan pada UAC. Untuk dapat membuka UAC ini, harus login terlebih dahulu pada user dengan level administrator. Jika anda menggunakan windows 7 atau windows 10, klik start menu Windows dan ketikkan UAC seperti gambar dibawah ini.
UAC Windows
UAC Windows
Default dari UAC ini pada pada bagian Default – Notify me only when programs try to make changes to my computer seperti gambar dibawah ini.
Default UAC Configuration
Default UAC Configuration
Supaya standar user tidak diminta memasukkan password administrator saat menjalankan aplikasi Oleh karena itu ubahlah UAC ini menjadi Never notify me sehingga tampak seperti gambar dibawah ini.
Edit UAC Configuration
Edit UAC Configuration
Setelah itu simpan perubahan yang telah dilakukan kemudian Anda akan diminta untuk me-restart komputer tersebut. Setelah restart komputer selesai, silahkan coba masuk ke user non administrator dan jalankan aplikasi-aplikasi yang sebelumnya harus dengan izin user Administrator. Harusnya saat ini aplikasi tersebut sudah bisa dijalankan. Setelah melakukan perubahan pada UAC ini, maka hak akses menjalankan aplikasi ini kan berefek pada semua standar user yang ada di komputer tersebut. Artinya, semua user non administrator pada komputer tersebut akan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang sebelumnya mereka tidak bisa jalankan.

Cara Kedua, Save Credential

Jika Anda tidak ingin merubah konfigurasi pada UAC maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan fitur save credential pada windows. Dengan save credential ini kita bisa menyimpan password administrator pada user yang bukan administrator tanpa harus memberitahukan user tersebut apa password administratornya. Untuk melalukan hal ini kita akan membuat shortcut pada setiap applikasi yang membutuhkan autentikasi dari account administrator. Untuk membuat shortcut ini caranya adalah klik kanan pada Desktop Windows → New → Shortcut.
Membuat Shortcut Aplikasi
Membuat Shortcut Aplikasi
Setelah itu, tentukan aplikasi apa yang akan dibuatkan shortcut nya misalkan pada contoh kali ini saya akan membuat shortcut untuk aplikasi Google Chrome¸ maka pada bagian kolom Location of the item arahkan pada lokasi tempat terinsall nya google chrome seperti gambar dibawah ini.
Membuat Shortcut Google Chrome
Membuat Shortcut Google Chrome
Setelah lokasi applikasi berhasil ditambahkan, pada baris awal posisi paling kiri tambahkan perintah berikut ini :
 runas /user:NamaKomputer\Administrator /savered
Pada bagian NamaKomputer itu diganti dengan computer name dari komputer yang digunakan. Sehingga hasilnya seperti tampak pada gambar dibawah ini dan klik Next.
SaveCred pada Shortcut
SaveCred pada Shortcut
Selanjutnya tentukan nama dari Shortcut yang dibuat, misalkan Google Chrome Admin dan klik tomol Finish.
Memberi Nama Shortcut
Memberi Nama Shortcut
Setelah itu coba jalankan shortcut yang telah dibuat, maka akan diminta untuk memasukkan password dari account administrator pada komputer tersebut seperti tampak pada gambar dibawah ini.
Memasukkan Password Administrator
Memasukkan Password Administrator
Apabila password yang dimasukkan benar, maka seharusnya program tersebut bisa dijalankan. Supaya shortcut yang dibuat tampilannya lebih menarik, anda bisa merubah tampilan shortcut nya klik kanan properties pada tab menu shortcut pilih change icons.
Mengganti Icon Shortcut
Mengganti Icon Shortcut
Perlu diketahui, jika menggunakan save cred ini aka nada celah keamaan yang bisa dimanfaatkan oleh user pada komputer tersebut. Walaupun kita tidak memberitahukan password administrator terhadap user tersebut, namun user tersebut juga bisa membuat shortcut untuk aplikasi-aplikasi lain yang membutuhkan autentikasi administrator dengan memanfaatkan savecred yang sebelumnya telah tersimpan pada komputer tersebut tanpa perlu memasukkan kembali password administrator pada shortcut nya.

Itulah 2 cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan program yang membutuhkan autentikasi administrator pada standar user windows. Silahkan dicoba cara mana yang menurut anda paling efisien. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.


Post a Comment for "Membuat Standar User Bisa Menjalankan Applikasi Tanpa Autentikasi Administrator"