Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Block Browsing Internet dengan Kespersky Internet Security

Untuk menjaga keamanan dari bahaya virus, malware pada sebuah komputer atau sebuah jaringan komputer terkadang dibutuhkan proteksi yang bagus sehingga komputer tersebut tetap aman digunakan. Terlebih saat ini ancaman-ancaman virus atau sejenisnya bisa dating dari bayak sumber, seperti internet, email, atau yang lainnya. Misalkan saja pada sebuah perusahaan, untuk memudahkan komunikasi dengan partner usahanya terkadang dibutuhkan komunikasi melalui email, sehingga mengharuskan komputer tersebut untuk bisa terkoneksi dengan internet. Namun tentu saja pimpinan perusahaan mengizinkan komputer tersebut hanya bisa mengakses email saja dan tidak boleh selainnya seperti streaming video, game online, serta aktifitas internet browsing. Untuk melakukan hal ini maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti pengaturan firewall pada router dan cara lainnya seperti menggunakan antivirus Kaspersky Internet Security (KIS).
Kaspersky Internet Security meruapan salah satu diantara sekian antivirus handal yang bisa Anda manfaatkan untuk memproteksi komputer dari serangan virus, malware dan selainnya. Disamping itu, Kaspersky Internet Security juga memiliki firewall handal yang memiliki banyak fungsi salah satunya adalah melakukan block browsing internet pada sebuah komputer. Cara kerjanya adalah melakukan blok pada port-port yang digunakan untuk melakukan browsing internet, seperti port 80, 8080, 443 dan selainnya. Oleh karena itu, saat melakukan blok akses browsing internet ini, sebuah komputer tetap bisa melakukan pengiriman atau penerimaan email tentunya menggunakan applikasi email pihak ketiga seperti Microsoft Outlook, Windows Live Mail karena program email tersebut menggunakan port yang berbeda denga port internet browsing, yaitu port 25,110,587 dan selainnya.
Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan mencoba memblok akses browsing internet pada sebuah komputer namun memberikan akses internet pada komputer tersebut untuk selain browsing internet menggunakan antivirus Kaspersky Internet Security ini. Perlu diketahui bahwa antivirus Kaspersky Internet Security tidak gratisan dan harus dibeli lisensi nya, namun kita bisa menggunakan versi trial (gratis) yang diberikan selama 30 hari. Anda bisa mendownload antivirus Kaspersky Internet Security pada situs resminya di antivirus365.net. Proses instalasi programnya tidak sulit, tinggal mengikuti alur installasi dan melakukan registrasi untuk versi gratisnya selama 30 hari, adapun langkah konfigurasi blok akses browsing internet nya dapat anda ikuti cara dibawah ini.
 Langkah pertama adalah membuka pengaturan pada Kaspersky Internet Security nya dengan mengklik tanda seperti gerigi pada pojok kiri bawah.
Akses Setting Kaspersky
Akses Setting Kaspersky
Setelah itu akan terbuka Setting kemudian pilih Protection dan klik pada pilihan Firewall
Firewall Kaspersky Internet Security
Firewall Kaspersky Internet Security
Perlu diperhatikan bahwa status firewall pada Kaspersky Internet Security harus dalam kondisi On hal ini supaya proteksi yang akan kita jalankan tetap aktif, jika firewall nya di setting Off maka semua proteksi yang kita jalankan akan dimatikan yang artinya komputer akan bebas untuk melakukan browsing internet dan selainnya. Selanjutnya untuk membuat proteksi yang diinginkan klik menu Configure Packet Rule maka akan ditampilkan Rule Default yang sedang dijalankan seperti tampak pada gambar dibawah ini.
Packet Rule
Packet Rule 
Seperti tampak pada gambar diatas, kita bisa melihat proteksi apa saja yang dijalankan pada firewall Kaspersky Internet Security nya. Sebelum membuat rule baru ada beberapa parameter yang perlu diperhatikan, yaitu :
·         Name
Parameter ini digunakan untuk memberikan nama dari rule yang akan dibuat. Pemberian nama untuk sebuah rule yang dibuat bersifat dinamis, kita bisa isi sesuai dengan rule yang akan kita jalankan.
·         Direction
Parameter ini digunakan untuk menentukan arah paket data dari sebuah koneksi.
·         Protocol
Parameter ini digunakan untuk menentukan protocol apa yang digunakan dari rule yang akan dibuat.
·         Action
Parameter ini digunakan untuk menentukan aksi dari rule yang akan dibuat, apakah diijinkan atau di blok,
·         Status
Parameter ini digunakan untuk melihat status dari rule yang dibuat, aktif atau tidak aktif.
Setelah mengetahui parameter-parameter diatas, maka sekarang kita akan coba untuk membuat rule block akses browsing internet ini. Oleh karena itu kita harus mengetahui protocol apa yang digunakan, arah paket data dan selainnya untuk bisa diterapkan pada rule Kaspersky Internet Security nya. Untuk membuat rule baru klik tombol Add kemudian isi parameter-paramter yang seperti gambar dibawah ini.
Membuat rule baru
Membuat rule baru
Apabila Anda tidak mengetahui protocol, direction, port dan segala macamnya untuk memblok akses internet ini maka Anda tidak perlu hawatir karean sudah disediakan Template yang sudah disediakan untuk blok akses browsing ini, klik tulisan Network Rule Template dan pilih Web Browsing.
Web Browsing Template
Web Browsing Template
Maka secara otomatis semua parameter-parameter yang dibutuhkan akan terisi seperti tampak pada gambar dibawah ini.
Menambahkan Aturan Paket
Menambahkan Aturan Paket
Kemudian yang harus dilakukan adalah memilih Action menjadi Block, memberikan nama untuk rule nya misalkan Blok Akses Browsing, pastikan statusnya dalam keadaan Active dan klik tombol Save sehingga hasil pembuatan rule nya seperti gambar dibawah ini.
Pengisian Form Rule
Pengisian Form Rule
Sekarang kembali ke daftar rule yang ada maka akan dilihat rule yang tadi dibuat, terdapat pada baris paling bawah.
Hasil Pembuatan Rule Baru
Hasil Pembuatan Rule Baru
Saat ini harusnya komputer tempat terpasangnya Antivirus Kaspersky Internet Security tersebut sudah tidak bisa browsing internet lagi, namun tetap bisa untuk melakukan koneksi menggunakan port selain pada port yang ada di list Port web browsing.
Pengujian Rule
Pengujian Rule
Seperti pada gambar diatas, komputer tesebut sudah tidak bisa melakukan aktifitas browsing internet, walaupun komputer tersebut pada dasarnya sudah terkoneksi ke internet, perhatikan tes koneksi internet menggunakan perintah ping tersebut. Sampai tahapan ini, walaupun komputer tersebut sudah tidak bisa lagi browsing menggunakan browser tapi untuk applikasi lain (yang menggunakan selain port browsing internet) tetap bisa dijalankan. Seperti yang pernah diterangkah sebelumnya, Firewall Kaspersky Internet Security harus tetap dalam kondisi ON, jika tidak maka komputer akan bisa melakukan browsing internet. Sekarang cobalah untuk mengubah settingan Firewall nya menjadi Off kemudian akses internet.
Pengujian Rule
Pengujian Rule
Coba perhatikan gambar diatas, setelah merubah settingan firewall menjadi Off, maka komputer yang semula tidak bisa melakukan browsing internet saat ini sudah bisa kembali berselancar didunia maya. Tentunya usaha anda untuk memblokir browsing internet ini akan menjadi sia-sia jika ternyata pengguna komputer sudah mengetahui cara mematikan firewall ini dengan mudahnya. Untuk dapat mengatasi hal ini hal yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan password pada Antivirus Kaspersky Internet Security nya.
Untuk memberikan password ini buka Setting kembali pada menu General pilih Set up password protection kemudian isi password yang diinginkan, misalkan 12345Abcd.
Setting Password Kaspersky Internet Security
Setting Password Kaspersky Internet Security
Sekarang setiap kali pengguna komputer tersebut ingin mematikan firewall maka akan diminta untuk mengisi password nya.
Pengujian Password
Pengujian Password
Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.



Post a Comment for "Block Browsing Internet dengan Kespersky Internet Security"