Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Kunci Port USB Komputer/Laptop


Tahukah Anda kalau port USB yang ada pada laptop atau komputer bisa di kunci supaya tidak bisa membaca storage device ? Seperti Flashdisk, Hardisk Portable dan hanya bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi mouse USB, keyboard USB, Printer, Scanner, Mouse, Keyboard serta peripheral lain nya yang bukan termasuk storage device.
Pengucian akses ini akan sangat bermanfaat jika Anda tidak ingin komputer atau laptop yang Anda gunkan data nya akan dicuri atau bahkan akan dimasukkan Virus yang dapat merusak syatem komputer tersebut oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika Anda ternyata adalah seorang IT pada suatu perusahaan  atau sebuah sekolah dan diminta untuk mengunci port-port USB pada semua komputer yang ada, tentu penguncian port USB ini akan sangat-sangat dibutuhkan baik untuk masalah kepentingan data ataupun mencegah masuknya virus dari port USB.
Jika Anda mencari cara untuk lock port USB di Internet, maka Anda akan ditampilkan banyak software-software yang berbayar maupun yang free yang bisa Anda download. Tapi trik yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana caranya lock port USB tanpa software apapun melainkan dengan mengedit registeri yang ada pada komputer. 

Device MANAGER

Pada Device Manager komputer memang terdapat list port-port USB yang ada, tapi jika kita men-disable port tersebut maka semua port USB pada komputer tidak akan bisa digunakan sama sekali untuk semua perangkat USB !!
Device Manager
Device Manager

Registery Editor

Jika disable port USB pada device manager dapat mengakibatkan semua port USB pada laptop atau komputer jadi tidak berfungsi sama sekali, maka dengan mengedit Registery Editor  maka fungsi USB tersebut dapat dibatasi supaya tidak bisa membaca external storage device. Untuk bisa melakukan modifikasi pada registery editor ini, pastikan Anda login pada komputer dengan menggunakan account Administrator, dan untuk membuka Registery editor dapat dibuka melalui menu RUN kemudian ketikkan perintah REGEDIT, atau langsung akses ke C:\Windows\ temukan file yang bernama REGEDIT klik kanan pada file tersebut dan klik Run as Administrator.
Registery Editor
Registery Editor
Setelah registery editor terbuka, langsung masuk ke Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\services\USBSTOR kemudian ubah nilai pada keterangan START dari 3 menjadi 4.
Edit Registery Editor
Edit Registery Editor
Kemudian refresh registery editor nya dan saat ini seharuanya komputer Anda tidak akan bisa membaca Flashdisk ataupun Hardisk Portable yang di tancapkan pada port USB nya ! Apabila Anda ingin membuka akses USB nya kembali cukup ubah nilai SRART nya menjadi 3 kembali.

Ada kelemahan dari cara block akses USB melalui registery tersebut, yaitu HP Smartphone apabila di tancapkan melalui port usb, maka data-data yang ada pada  Smartphone tersebut tetap bisa terbaca oleh komputer, sehingga data-data dari komputer bisa di curi melalui HP Smartphone tersebut !!! Namun jangan hawatir ada cara lain yang dapat diterapkan untuk mengantisipasi hal ini yaitu melalui GPEDIT. Tapi GPEDIT ini hanya ada pada versi Windows Pro ke atas, sedangkan untuk Windows Home/Single Language GPEDIT ini tidak ada.

GPEDIT
Sama seperti registery editor, untuk menjalankan GPEDIT ini harus melalui user dengan level Administaror, caranya dari menu RUN ketikkan GPEDIT.MSC 
GPEDIT
GPEDIT
Langsung akses ke menu Local Computer → Policy → Computer Configuration → Administrative Templates → System → Removable Storage Access
Gambar 05
Edit GPEDIT
Edit GPEDIT
Pada bagian All Removable Storage classes: Deny all access Ubah menjadi ENABLE kemudain klik OK.
Enable Fitur Lock USB
Enable Fitur Lock USB
Saat ini haruanya akan muncul error seperti gambar dibawah ini jika komputer mendeteksi ada storage device yang terbaca.
Gambar 07
Error saat akses USB Storage
Error saat akses USB Storage
Untuk membuka kembali akses USB nya cukup set menadi Not Configured kembali. Cara blok USB melalui registery atau GPEDIT tersebut harus dilakukan pada setiap komputer yang ada. Tentu akan merepotkan jika ternyata ada puluhan komputer yang harus di setting satu persatu. Tapi, jika anda menerapkan Domain Controller pada jaringan tempat Anda, maka walaupun ada puluhan komputer klient yang ada, bisa kita blok akses USB nya hanya melalui server Domain Controller nya yaitu dengan memanfaatkan GPO pada server tersebut.
Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Cara Mudah Kunci Port USB Komputer/Laptop"