Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Applikasi Remote Komputer & Cara Konfigurasinya

Salah satu kebutuhan yang biasa diperlukan dalam mengelola jaringan komputer adalah mengenai applikasi remote komputer, baik remote komputer yang berada pada jaringan local (LAN) ataupun melalui internet. Dengan hadirnya aplikasi remote ini tentunya dapat memudahkan Anda atau seorang Administrator Jaringan dalam me-maintenance jaringannya, misalkan terdapat masalah pada sebuah komputer yang terletak jauh lokasinya maka tinggal remote saja komuternya tanpa harus datang kelokasi (tentunya selama komputer tersebut masih memungkinkan untuk di remote). Berikut ini merupakan daftar aplikasi remote yang bisa anda coba pakai.

Remote Desktop

Applikasi pertama yang bisa Anda coba adalah remote desktop, applikasi ini merupakan bawaan dari Windows dan tidak perlu diinstall. Untuk menjalankan remote desktop ini klik Start Menu kemudian ketikkan pada search box komputer nya Remote Desktop kemudian akan ditampilkan dan klik Remote Desktop Connection.  
Remote Desktop Windows
Remote Desktop Windows
Setelah itu ketikkan IP Address atau Computer Name dari komputer yang hendak di remote jika komputernya masih berada pada jaringan LAN yang sama, namun jika komputernya berada diluar jaringan LAN (melalui koneksi internet misalkan) maka ketikkan alamat DNS atau IP Publik dari komputer yang akan diremote tersebut. Misalkan contoh topologi jaringan yang akan kita gunakan adalah seperti gambar dibawah ini.
Topologi Jaringan
Topologi Jaringan
Dari topologi tersebut komputer klient dengan IP Address 192.168.100.101 akan melakukan remote ke komputer server yang memiliki IP Address 192.168.100.100, maka pada program remote desktop yang dijalankan oleh komputer klient harus menginputkan IP Address dari server atau computer name nya.
Menggunakan Remote Desktop
Menggunakan Remote Desktop
Apabila berhasil terhubung ke komputer yang diremote, Anda akan diminta untuk memasukan username dan password, dimana username dan password ini adalah user dan password acccount windows dari komputer yang diremote.
Remote Desktop Berhasil
Remote Desktop Berhasil
Perlu diketahui, pada komputer yang akan diremote ini harus di konfigurasi remote desktop nya. Dari Control Panel → System → Remote Setting → kemudian klik Allow Connction pada remote desktop connection nya.
Aktifkan Remote Desktop
Aktifkan Remote Desktop
Secara default, remote desktop ini menggunakan port 3389, oleh karena itu apabila anda menerapkan Firewall pada komputer atau jaringan anda, maka pastikan port 3389 ini jangan di blok. Contoh penerapan berikutnya adalah misalkan komputer Anda ingin di remote oleh seseorang yang berada diluar jaringan LAN anda (misalkan melalui internet) maka pada Router perlu anda melakukan konfigurasi Port Forwarding untuk remote desktop ini, apabila router yang anda gunakan adalah Mikrotik Router maka jalankan terminal dan ketikkan perintah :

ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=3389 in-interface=INTERNET action=dstnat to-address=IP-KOMPUTER to-port=3389

Pengaturan Remote Desktop pada router
Pengaturan Remote Desktop pada router

Pada perintah diatas, pada bagian INTERNET diganti sesuai dengan nama interface router anda yang terhubujg ke internet, dan pada IP-KOMPUTER isi dengan IP Komputer yang akan ditemote. 
Remote Desktop Melalui Internet
Remote Desktop Melalui Internet
Permasalahan selanjutnya yang mungkin akan anda temui adalah bagaimana jika komputer yang akan diremote lebih dari satu komputer ?? Maka yang perlu dilakukan adalah setiap komputer yang akan diremote tersebut harus diganti port Remore Desktop nya, Anda bisa menggunakan port 3390, 3391 dan seterusnya. Untuk mengganti port remote desktop pada komputer caranya ialah memalui Registery Editor. Dari RUN Menu windows ketikkan perintah REGEDIT kemudian akses :

HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\TerminalServer\WinStations\RDP-Tcp\PortNumber.

Pada router pun harus ditambahkan lagi konfigurasi Remote Desktop untuk komputer yang lain.

Ultra VNC

Remote Desktop Icons
Ultra VNC merupakan salah satu applikasi remote komputer yang gratis, Anda bisa bebas mendownload dari situsnya di https://www.uvnc.com/ langsung dan menginstall nya pada komputer yang Anda gunakan. Saat tutorial ini dibuat, versi terbaru dari ultra VNC yang tersedia adalah versi 1.2.3.0. Program ini bisa dipakai untuk remote antar komputer dalam satu jaringan atau bisa juga untuk remote komputer melalui internet, sama seperti remote desktop yang sebelumnya telah kita jelaskan. Adapun cara instalasi program nya tidaklah sulit, sama langkah install program pada umumnya. Dimana pada saat pertama menjalankan installer nya, kita diminta untuk memilih bahasa, kemudian tinggal ikuti perintahnya, adapun saat sampai pada tahapan install pemilihan komponen (Select Componenets) aturlah seperti gambar dibawah ini.
Install UltraVNC
Install UltraVNC
Setelah itu pada tahapan berikutnya jangan rubah apapun tinggal klik next saja sesuai instruksi instalannya. Setelah instalasi berhasil, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan konfigurasi pada VNC Server nya, disini yang harus di konfigurasi adalah setting port dan password nya. Dari start menu Windows cari program Ultra VNC > Ultra VNC Server klik kanan pilih run as Administrator.
UltraVNC Server
UltraVNC Server
Pada task bar komputer, cari ultra VNC Server yang tadi dijalankan, klik kanan dan pilih admin properties.
UltraVNC Server
UltraVNC Server
Ultra VNC Server
Ultra VNC Server
Sekarang ada beberapa hal yang perlu di konfigurasi yaitu konfigurasi password dan port (port default nya adalah 5900). Password ini akan digunakan saat ada komputer yang ingin melakukan remote ke komputer kita. Namun apabila komputer kita tidak akan diremote sama sekali dan hanya akan melakukan remote ke Ultra VNC yang ada di komputer lain maka settingan ultra vnc server ini tidak perlu dilakukan.
Konfigurasi UltraVNC Server
Konfigurasi UltraVNC Server
Setelah port dan password dikonfigurasi klik ok, dan langkah terakhir adalah menginstall service dari ultra VNC Server ini caranya dari task bar klik kanan pada ultra VNC Server dan pilih Install Service.
Install Service UltraVNC
Install Service UltraVNC
Untuk memulai remote komputer nya, dari start menu Windows cari program Ultra VNC → Ultra VNC Viewer.
UltraVNC Viewer
UltraVNC Viewer
 Kemudian isikan IP Address atau Computer Name dari komputer yang hendak di remote. Pada bagian bawah terdapat beberapa pilihan menu yang perlu diatur adalah pada tab menu Encoders lakukan centang pada pilihan Auto Select Best Setting,  dan pada tab menu Display centang pada pilihan Fit to Screen No Scroll Bar, terakhir adalah klik tombol Connect.
Memulai Remote UltraVNC
Memulai Remote UltraVNC
Jika berhasil terkoneksi, anda akan diminta password dari ultra vnc nya.
Password UltraVNC
Password UltraVNC
Remote UltraVNC Berhasil
Remote UltraVNC Berhasil
Ada fitur yang bias dimanfaatkan dari ultra VNC ini yaitu fitur transfer file, meskipun masih ada fitur-fitur lainnya. Coba perhatikan pada tool bar Ultra VNC Viewer nya, ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan, diantaranya :
1.      File transfer
Fitur ini bisa memudahkan kita dalam mengirim atau menerima file dari komputer yang sedang diremote. Untuk menggunakan fitur ini klik tanda folder pada tool bar ultra VNC nya kemudian tentukan file yang akan ditransfer atau di terima beserta lokasi foldernya.
File Transfer UltraVNC
File Transfer UltraVNC

2.      Chatting
Jika saat melakukan remote komputer dan Anda ingin berkomunikasi dengan rekan yang sedang anda remote komputernya, maka dengan memanfaatkan fitur chatting ini anda bisa berkomunikasi dengan mudah. Untuk menggunakan fitur ini, ada tool bar ultra VNC klik menu Open Chat
Chatting dengan UltraVNC
Chatting dengan UltraVNC

Supaya komputer Anda bisa diremote dari internet oleh orang lain, maka pada router perlu disetting Port Forwarding nya, caranya percis sama seperti port Forwarding pada remote desktop, hanya berbeda pada port nya saja yaitu menggunakan port 5900.
Konfigurasi Router
Konfigurasi Router

Team Viewer

TeamViewer
Applikasi remote selanjutnya adalah team viewer, aplikasi ini mudah untuk digunakan, anda tidak perlu report-report untuk melakukan konfigurasi pada router seperti aplikasi remote desktop dan ultra vnc apabila komputer anda ingin di remote dari jaringan internet. Cukup diinstall dan melakukan sedikit konfigurasi pada program team viewer nya saja, terlebih lagi komunikasi remote komputer yang anda jalankan terjamin keamanannya. Namun, untuk menggunakan program ini komputernya harus bisa terkoneksi ke internet tidak seperti Ultra VNC dan Remote Desktop yang bisa berjalan tanpa adanya akses internet.
Terlebih lagi aplikasi remote ini tidak gratis, dimana kita harus membeli lisensinya. Namun walaupun kita tidak memiliki lisensi kita tetap bisa menggunakan program Team Viewer ini dalam batasan waktu tertentu (kurang lebih 5 menit) saja dalam sekali remote. Untuk mendownload aplikasi ini, bisa didownload dari situs resminya di https://www.teamviewer.com/en/download/windows/. Untuk proses instalasi programnya bisa anda ikuti panduan dibawah ini untuk keperluan pribadi.
Jalankan installer yang sudah anda download kemudian pilih Installation to access this computer remotely dan Personal/Non-Commercial use dan klik tombol Accept – Finish.
Instalasi TeamViewer
Instalasi TeamViewer
Selanjutnya tunggu proses installasi sampai selesai. Setelah proses installasi berhasil maka kita akan diminta untuk melakukan konfigurasi, pada bagian Unattended Access klik tombol Next
Konfigurasi
Konfigurasi
Selanjutnya kita diminta untuk menentukan password password team viewernya, password ini nanti akan digunakan untuk melakuan remote terhadap komputer. Perlu diperhatikan bahwa pada team viewer kita bisa memberikan 2 password, dimana password pertama adalah password yang bersifat tetap dan tidak akan berubah-ubah. Password yang kedua adalah password yang bersifat temporary, artinya password ini akan selalu berubah setiap team viewer nya ditutup dan dijalankan kembali.
Setting Password TeamViewer
Setting Password TeamViewer
Terakhir adalah ID Team Viewer, ID inilah yang anda gunakan untuk melakukan remote terhadap komputer lain. Setiap ID pada setiap komputer berbeda-beda.
ID TeamViewer
ID TeamViewer
Saat ini komputer anda telah siap untuk melakukan remote atau diremote oleh komputer lain. Perhatikan gambar dibawah ini pada bagian sebelah kiri (angka 1) itu terdapat ID dan Password dari team viewer komputer Anda, jika ada orangyang ingin melakukan remote terhadap komputer anda maka berikanlah ID dan Password ini, ingat jangan berikan password yang bersifat tetap (yang di setting pertama kali) sedangkan password yang ditampilkan disini bersifat temporary. Adapun pada bagian sebelah kanan (angka 2) itu merupakan kolom untuk mengisi ID komputer yang ingin diremote.
Tampilan TeamViewer
Tampilan TeamViewer
Sekarang kita coba untuk melakukan remote pada sebuah komputer, diman ID dan Password team viewer dari kompuer yang akan diremote adalah seperti gambar dibawah ini :
ID TeamViewer
ID TeamViewer
Pada komputer yang akan melakukan remote harus memasukkan ID dan Password (bisa menggunakan password yg bersifat tetap/temporary), jika koneksi berhasil maka anda akan diminta untuk memasukkan password team viewer nya seperti gambar dibawah ini.
Memulai Remote
Memulai Remote
Remote Berhasil
Remote Berhasil
Team viewer ini memiliki banyak sekali fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan, coba perhatikan pada tool bar team viewer nya, diantara fitur-fitru File Transfer, Rekam aktifitas remote, Ngeprint, VPN, Chating, Video Call, dan masih banya fitur lagi, perhatikan gambar dibawah ini.
Fitur-Fitur
Fitur-Fitur
Fitur-Fitur
Fitur-Fitur
Fitur-Fitur
Fitur-Fitur
Fitur-Fitur
Fitur-Fitur
Apabila anda ingin mengganti password team viewer nya (password yang tetap) maka caranyan ialah dari menu Extras → Options → Security.
Ganti Password TeamViewer
Ganti Password TeamViewer

AnyDesk

AnyDesk Icon
Applikasi remote yang terakhir yang akan kita coba bahas adalah AnyDesk. Aplikasi ini mirip seperti team viewer dimana untuk menggunakannya harus tersedia koneksi internet, untuk melakukan remote juga harus mengetahui ID AnyDesk dari komputer yang akan diremote, dan tidak perlu ada konfigurasi pada router. Fitur-fitur yang terdapat pada AnyDesk memang tidak selengkap Team Viewer, tapi program AnyDesk ini gratis !!! Untuk mendapatkan program AnyDesk bisa di download dari situs resmina di lik ini https://anydesk.com/en/downloads, setelah berhasil download langsug jalankan programnya sehingga tampilanya seperti gambar dibawah ini.
Tampilan AnyDesk
Tampilan AnyDesk
Perhatikan pada gambar diatas, pada bagian kiri terdapat keterangan ID AnyDesk komputer kita, sedangkan bagian kanan merupakan tempat memasukkan ID AnyDesk dari komputer yang ingin diremote. Setiap kali kita akan melakukan remote kekomputer lain, maka komputer yang akan kita remote harus meng-Accept AnyDesk kita baru kita bisa remote komputernya.
Sebagai contoh kita akan meremote sebuah kompuer yang memilik ID AnyDesk seperti gambar dibawah ini.
ID AnyDesk
ID AnyDesk
Maka dari AnyDesk komputer kita, kita masukkan ID tersebut dan klik tombol Connect, maka pada komputer yang akan diremote akan muncul Pop Up Accept atau tidak seperti gambar dibawah ini.
Accept or Dismiss
Accept or Dismiss Connection
Jika sudah klik Accept maka komputer tersebut sudah berhasil kita remote seperti tampilan dibawah ini.
Remote AnyDesk
Remote Berhasil
Ada cara yang bisa dilakukan supaya setiap melakukan remote kita tidak perlu menunggu penerimaan dari komputer yang diremote. Yaitu dengan memberikan password pada komputer tersebut (yang diremote) dengan cara klik tulisan Set Password for unattended access.. dibawah ID AnyDesk komputer. Kemudian masuk pada menu Security kemudian centang pilihan Enable Unattended Password dan isi password yang dikehendaki.
Ganti Password
Ganti Password
Sekarang setiap kali anda melakukan remote tinggal masukkan saja password yang tadi disetting. Tidak seperti program remote yang sebelumnya dipaparkan, AnyDesk bisa dijalankan tanpa harus diinstall terlebih dahulu, namun apabila ingin diinstall maka klik tulisan Install AnyDesk on this Computer dibawah ID AnyDesk anda dan ikuti petunjuk installasi seperti biasa.

Nah demikianlah program-program remote yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini, silahkan anda menentukan ingin menggunakan program remote yang mana. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

2 comments for "Applikasi Remote Komputer & Cara Konfigurasinya"

  1. Thumbs up guys your doing a really good job. UK RDP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, this article really help me. Thanks.

      Delete