Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Apps Islami Android Paling Bermanfaat


Bagi anda yang memiliki Smart Phone Android maka maka ada Apps Islami yang bisa anda install sehingga Smart Phone Android yang Anda miliki bisa lebih banyak manfaatnya. Berikut ini beberapa diantara Apps tersebut.

1.   Quran for Android

Apps pertama adalah Quran for Android, apabila Anda gemar membaca Al-Qur’an maka apps ini wajib Anda miliki. Dengan apps ini anda bisa memanfaat waktu luang yang Anda miliki untuk membaca Al-Qur’an di setiap saat. Ada beberapa fitur-fitur yang dimiliki oleh Quran for Android ini, diantarnya :

a.      Nafigasi yang mudah

Anda bisa mencari ayat, memilih surah, atau Juz sesuai dengan yang anda inginkan.
Menu Nafigasi Quran
Menu Nafigasi Quran

b.      Bookmark halaman

Dengan fitur ini, kita bisa menandai ayat/halaman terakhir dari surat yang dibaca. Caranya cukup mudah, klik pada halaman yang ingin di bookmark  kemudian klik seperti icon seperti gambar dibawah ini sampai icon tersebut berwarna putih.
Menu Bookmark Halaman
Menu Bookmark Halaman
Apabila dikemudian waktu kita ingin melanjutkan surah yang dibaca, tinggal klik menu bookmarks maka semua halaman yang telah di bookmark akan ditampilkan.
List Bookmark Halaman
List Bookmark Halaman

c.       Setiap ayat bisa di tagging

Apabila terdapat ayat yang ingin ditandai, maka tinggal klik dan tahan lama pada ayat tersebtu dan klik tanda tagging, kemudian pilih New tag dan isikan nama tagging yang diinginkan. seperti gambar dibawah ini.
Tandai Ayat
Tandai Ayat
Ayat yang telah di tagging dapat dilihat pada menu bookmark.
List Tagging Ayat
List Tagging Ayat

d.      Dukungan translate kebanyak bahasa, salah satu nya bahasa Indonesia.

Untuk melakukan translate kebahasa lain, maka klik tanda titik tiga dipojok kanan atas dan klik setting
Setting Translate
Setting Translate
Selanjutnya klik pada pilihan Translations dan pilih bahasa yang diinginkan
Download Bahasa Translate
Download Bahasa Translate
Untuk melakukan translate kedalam bahasa lain ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu dengan translate semua ayat atau translate ayat tertentu. Untuk melakukan translate semua ayat caranya adalah dengan membuka surah kemudian klik tanda titik tiga disebelah pojok kanan atas dan pilih Show Translation.
Translate Full
Translate Full
Apabila ingin melakukan translate untuk ayat tertentu, tinggal klik dan tahan lama pada ayat tersebut kemudian klik seperti tanda bola dunia seperti tampak pada gambar dibawah ini.
Translate Perayat
Translate Perayat

e.       Pemutaran Audio

Anda bisa mendangarkan setiap ayat tersebut dibacakan oleh Masyaikh-Masyaikh yang memiliki suara bacaan yang merdu. Tinggal klik tanda play pada pojok kiri bawah kemudian pilih Syaikh siapa yang ingin anda dengarkan bacaan al-qur’an nya.
Pemutaran Audio Murattal
Pemutaran Audio Murattal

f.        Night Mode

Dengan mode ini, maka tampilan dari qur’an nya menjadi hitam dan teksnya bercahaya putih. Untuk melakukan hal ini tinggal klik tanda titik tiga disebelah pojok kanan atas dan centang pada pilihan Night Mode
Tampilan Night Mode
Tampilan Night Mode

g.      No Ads

Apps ini gratis, tapi tidak ada iklan didalamnya. Berbeda dengan apps Al-Qur’an yang lain, ada yang memiliki iklan-iklan yang dapat menggangu Anda membaca Al-Qur’an.
Apabila Anda tertarik dengan Apps ini, maka silahkan download disini

2.   Ensiklopedi Hadist

Apabila Anda gemar membaca hadist-hadist Rasulallah صلى الله عليه وسلام maka Anda tidak boleh melewatkan App yang satu ini. Ensiklopedia Hadist ini terdapat hadist lebih dari 62.000 hadist. Dimana hadist-hadist tersebut merupakan hadist yang terdapat didalam 9 kitab imam hadist yang menjadi kitab rujukan hadist umat islam yaitu :
a.       Shahih Bukhori
b.      Shahih Muslim
c.       Sunan Abu Daud
d.      Sunan Tirmidzi
e.       Sunan Nasa’i
f.       Sunan Ibnu Majah
g.      Musnad Ahmad
h.      Muwatha’ Imam Malik
i.        Sunan Darimi
Menu Awal Ensiklopedia Hadist
Menu Awal Ensiklopedia Hadist
Dengan App ini Anda bisa membaca kitab-kitab hadist seperti pada gambar diatas secara gratis, selain itu dengan App ini kita bisa mengetahui apakah hadist itu shahih atau tidak, kita juga bisa mengetahui jalur periwayatan hadist tersebut, serta mengetahui biografi singkat dari setiap perawinya !!! Sungguh App yang sangat banyak manfaatnya. Dan terlebih lagi, setiap hadist terdapat translate nya kedalam bahasa Indonesia.
Sebagai contoh, mari kita buka kitab shahih bukhari pada App ini, hasil nya adalah tampak pada gambar dibawah ini.
Membaca Hadist
Membaca Hadist
Perhatikan point-poing angka 1 sampai dengan 5 pada gambar  diatas dan berikut penjelasannya :
1.      Poin nomor 1
Pada poin ini, kita bisa melakukan pengaturan-pengaturan pada App nya seperti sharing hadist ke orang lain, pengaturan ukuran font, pemilihan font arab, dan lain lain. Perlu diperhatikan untuk pemilihan font arab nya gunakan yang Uthman Taha.
Pengaturan Font Hadist
Pengaturan Font Hadist
2.      Poin nomor 2
Pada poin ini, kita bisa mengetahui derajat kesahihan hadist tersebut.
Penilaian Kesahihan Hadist
Penilaian Kesahihan Hadist
3.      Poin nomor 3
Pada poin ke 3 ini digunakan untuk melihat jalur periwayatan hadit serta biografi dari masing-masing perawi hadist.
Jalur Periwayatan Hadist
Jalur Periwayatan Hadist
4.      Poin nomor 4
Pada poin ke 3 ini merupakan teks hadis dalam bahasa arab
5.      Poin nomor 5
Pada poin ke 5 ini merupakan terjemahan hadist dalam bahasa Indonesia.
Bagaimana, apakah Anda tertarik pada App ini ? Jika ia silahkan download disini

3.   BISA

Ingin belajar bahasa arab dari materi paling dasar ?? maka App ini adalah jawabannya !! Pada App BISA ini Anda bisa mempelajari ilmu dasar bahasa seperti ilmu Nahwu dan Sharaf dalam bentuk Ebook. Selain pelajaran Nawhu dan Sharaf tersebut, tersedia juga materi-materi menarik lainnya seperti Kosa Kata, Percakapan dalam bentuk Video, serta hadist-hadist. Jika Anda penasaran, berikut ulasan ringkas dari fitur App BISA ini.

a.      Ilmu Nahwu

Dengan App BISA ini, Anda bisa membaca ebook tentang Ilmu Nahwu untuk pemula yang dijelaskan dalam bahasa Indonesia. Ebook ini sangat mudah untuk difahami, karena metode penyampainan materi yang disertai kaidah-kaidah serta contoh penerapan kaidah Nahwu tersebut. Selain berupbah Ebook, juga tersedia materi dalam bentuk Audio penjelasan Ebooknya serta Video Animasi.
Pelajaran Ilmu Nahwu
Pelajaran Ilmu Nahwu

b.      Ilmu Sharaf

Tak ketinggalan juga Ebook tentang Ilmu Sharaf dapat Anda pelajari dengan App BISA ini, sehingga Anda bisa mempelajari bentuk perubahan kata didalam bahasa arab dengan mudah. Terdapat juga penjelasan dalam bentuk Video, Audio dan Gambar.
Pelajaran Ilmu Sharaf
Pelajaran Ilmu Sharaf

c.       Kosa Kata

Anda bisa memperbanyak pembendaharaan kata yang bisa anda hafal dengan memanfaatkan kosa kata yang disediakan oleh App BISA ini.
Kosa Kata Bahasa Arab
Kosa Kata Bahasa Arab

d.      Percakapan

Tersedia juga rekaman video percakapan dalam bahasa arab yang bisa anda praktikkan.
Percakapan Bahasa Arab
Percakapan Bahasa Arab
Masih banyak fitur-fitur lain yang dimiliki oleh App BISA ini. Apabia Anda merasa tidak puas hanya membaca dan menonton pelajaran bahasa arab dengan App ini, BISA juga menyelenggarakan sekolah online Bahasa Arab dan pelajaran Bahasa Arab melalui Group WA, untuk informasi lebih lengkap bisa diakses di link ini http://www.bisa.id/.
Apabila Anda tertarik dengan App ini, silahkan download disini.

4.   Hallo Ustadz

Kini kita bisa berkomunikasi langsung dengan para Asaatidz Ahlusunnah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kita bisa menanyakan seputar permsalahan Agama yang sedang kita alamai kepada mereka melalui App Hallo Ustadz ini. Setiap Ustadz pada App ini memiliki bidang ilmu masing-masing yang mereka kuasai. Diantara pasa Asaatidz tersebut Anas Burhanudin, Lc MA, Dr. Abdullah Roy, Lc. MA, Dr. Erwandi Tarmidzi, Lc. MA, Dr. Firanda, Lc. MA dan masih banyak lagi.
Menu Awal Hallo Ustadz
Menu Awal Hallo Ustadz
Setiap ustadz tersebut diatas dapat kita lihat riwayat pendidikan yang telah mereka tempuh beserta hari apa saja mereka bisa dihubungi. Untuk melihat profile para Asaatidz, klik menu Ustadz kemudian pilih Profile Ustadz pada setiap Asaatidznya.
Profile Asaatdiz Hallo Ustadz
Profile Asaatdiz Hallo Ustadz
Adapun cara menghubungi ustadz yang sedang online adalah pada menu Home tinggal klik pada nama ustadz nya, dan Anda akan langsung bisa menghubungi ustadz tersebut melalui telpon WhatsApp.
Menu Panggilan Hallo Ustadz
Menu Panggilan Hallo Ustadz
Selain fitur telpon ustadz, App ini juga memiliki banyak fitur-fitur lain seperti artikel islami, bacaan Dzikir Shalat Fardu, Bacaan Dzikir Pagi Petang dan masih banyak lagi. Apabila Anda berminat memasang App ini silahkan download disini

5.   Hijri Calendar

App terakhir yang patut Anda miliki adalah Hijri Calendar, dengan App ini Anda bisa mengetahui penanggalan dalam bulan Hijriah.
Menu Hijri Calendar
Menu Hijri Calendar
Untuk mendownload App ini, silahkan download disini.
Itulah 5 Apps Android Islami yang patut Anda pasang pada Smartphone yang Anda miliki, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.


Post a Comment for "5 Apps Islami Android Paling Bermanfaat"