Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instalasi Active Directory Domain Service Windows 2008 Server



Pada tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara instalasi Active Directory (AD) pada Windows Server 2008 R2. Sebelum memulai instalasi ada beberapa hal yang perlu di persiapakan pada Windows Server nya yaitu mengatur IP Address statis untuk server tersebut. Untuk memberikan IP Address statis ini dapat dilakukan dari Control Panel → Network and Internet → Network Connection
Pengaturan IP Address
Pengaturan IP Address
Seperti gambar diatas, IP Address yang digunakan oleh server ialah 192.168.255.100. Setelah IP Address statis tersetting, untuk memulai instalasi AD ini dapat dilakukan dari menu Server Manager → Add Roll kemdian pilih Active Directory Domain Service seperti tampak pada gambar dibawah ini.
Service Role
Service Role
Namun pada tutorial kali ini, untuk menginsatll AD akan kita lakukan dari menu Run dengan memasukkan perintah dcpromo karena proses install AD dengan menggunakan dcpromo ini lebih praktis.
dcpromo
dcpromo
Setelah memasukkan perintah dcpromo maka akan ditampilkan menu Active Directory Domain Services Installation Wizard seperti gambar dibawah ini dan klik next begitupun pada tampilan selanjutnya.
Persiapan installasi AD
Persiapan installasi AD
Selanjutnya, kita diminta untuk menentukan deployment Configuration yang akan diterpkan pada server, karena kita akan membuat AD baru maka pada pilihan ini pilihan deployment configuration yang dipilih adalah Create a new domain in a new forest.
Membuat domain baru
Membuat domain baru
Selanjutnya kita diminta untuk menentukan nama domain, pastikan nama domain yang akan digunakan tidak ada/tidak sama dengan nama domain lain pada jaringan. Sebagai contoh kita bisa menggunakan nama Jarkom.local
Penentuan nama domain
Penentuan nama domain
Selanjutnya menentukan nama NetBIOS Domain, biarkan saja terisi sesuai dengan nama domain yang telah ditentukan dan klik next.
Penentuan NetBios
Penentuan NetBios
Selanjutnya pada pilihan Forest Function Level pilih Windows Server 2008 r2 dan klik next
Penentuan Forest Functional Level
Penentuan Forest Functional Level
Pada pilihan Additional Domain Controller Option klik next, jika ada muncul warning klik saja yes.
Pembuatan DNS
Pembuatan DNS
Langkah selanjutnya, kita akan diminta untuk menentukan lokasi penyimpanan database, Log File, dan SYSVOL biarkan saja pada pilihan default nya kemudian klik tombol next.
Penentuan lokasi penyimpanan database
Penentuan lokasi penyimpanan database
Tentukan password administrator untuk Directory Service Restore Mode, misalkan menggunakan password 1234Xzy
Penentuan Password
Penentuan Password
Terakhir kita akan ditampilkan pada review semua pengaturan yang telah ditentukan sebelumnya, jika dirasa sudah benar langsung saja klik next dan proses instalasi AD akan berjalan.
Review Konfigurasi
Review Konfigurasi
Proses instalasi AD
Proses instalasi AD
Instalasi AD Berhasil
Instalasi AD Berhasil
Sampai tahap ini proses instalasi AD sudah berhasil, perhatikan perubahan pada saat login ke account windows servernya, terdapat keterangan nama AD yang sudah di buat seperti gambar dibawah ini.
Tampilan Login
Tampilan Login
Sekarang coba akses AD yang sudah di buat dari Start menu → Adminstrative Tools → Active Directory User and Computer
Membuka AD
Membuka AD
Tampilan AD
Tampilan AD
Sekarang anda bisa membuat user-user, Group atau OU baru untuk login ke domain anda, tapi pada tutorial ini hal tersebut tidak akan dibahas ya, tunggu tutorial berikutnya.

Post a Comment for "Instalasi Active Directory Domain Service Windows 2008 Server"