Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat WiFi Hotspot Dengan Laptop



Untuk membuat suatu WiFi Hotspot biasanya dibutuhkan sebuah perangkat yang bernama Access Point yang berfungsi untuk memancarkan Signal Hostpot tersebut kepada perangkat-perangkat klient. Namun ternyata, kita juga bisa membuat suatu hotspot tanpa membeli perangkat Access Point tersebut, caranya ialah dengan memanfaat interface Wireless dari laptop atau komputer yang anda miliki. Sebelum kita mulai membuat WiFi Hotspot in, beberapa hal yang harus disediakan adalah :
1.      Komputer atau Laptop yang memiliki interface wireless
2.      Komputer atau laptop tersebut memiliki OS Windows 7, atau Windows 10
3.      Koneksi internet
Cara kerjanya adalah, koneksi internet yang ada pada laptop atau komputer akan kita sharing/bagi ke perangkat lain seperti HP, Laptop dan selainnya melalui wireless interface virtual yang akan di buat pada laptop atau komputer yang menjadi sumber internetnya, kurang lebih topologinya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
Topologi Wireless
Topologi
Pada gambar diatas, terlihat bahwa sebuah laptop telah terhubung pada jaringan WiFi yang memiliki SSID (Nama WiFi) WiFi01, kemudian koneksi internet tersebut di bagi kepada sebuah perangkat android melalui jaringan wireless yang memiliki SSID Jarkom.net Jika diperhatikan sumber internet pada contoh topologi ini adalah pada sebuah access point, tapi jika pada tempat anda sumber internetnya selain dari jaringan wireless misalkan melaui kabel LAN, itu tidak masalah karna Anda tinggal sharing koneksi internet yang Anda dapatkan dari media kabel tersebut.

Langkah Konfigurasi

Langkah pertama adalah mengecek apakah interface wireless laptop bisa support fitur hosted network. Caranya ialah melalui CMD (Command Prompt), jalankan  CMD dengan Administrator kemudian ketikan perintah :
netsh wlan show drivers
Jalankan CMD
Jalankan CMD
Cek status interface wireless
Cek status interface wireless
Seperti tampak pada gambar diatas, interface wireless yang digunakan sudah support fitur hosted network. Namun jika interface wireless  Langkah selanjutnya ialah membuat interface wireless virtual dengan perintah :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=[nama_SSID] key=[Password WiFi]
Pada bagian SSID isikan nama jaringan wireless yang ingin di buat, dan pada KEY isikan password dari wireless yang akan dibuat seperti gambar dibawah ini.
Setting Virtual WiFi
Setting Virtual WiFi
Seperti gambar diatas, pemberian SSID dan Password berhasil dilakukan. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan interace virtual wireless yang dibuat barusan dengan menggunakan perintah :
Netsh wlan start hostednetwork
Jalankan WiFI Virtual
Jalankan WiFI Virtual
Setelah tahap ini berhasil dilakukan, maka sekarang pada network connection di laptop Anda harusnya sudah terlihat satu buah interface wireless baru seperti gambar dibawah ini.
Wireless Virtual Berhasil dibuat
Wireless Virtual Berhasil dibuat
Saat ini SSID Jarkom.net sudah bisa terbaca dari perangkat lain seperti laptop atau HP Android dan sudah bisa memberika koneksi ke perangkat tersebut namun masih belum memiliki akses internet. Oleh karena itu, supaya perangkat tersebut bisa mendapatkan akses internet dari jaringan Wireless yang kita buat, maka   koneksi internet pada laptop harus di sharing ke interface wireless virtual tersebut. Pada contoh kasus ini, laptop yang saya gunakan untuk membuat jaringan wireless virtual ini mendapatkan koneksi internet dari interface wireless maka koneksi internet interface tersebut yang harus saya sharing.
Caranya ialah, pada interface wireless klik kanan pilih Properties klik tab menu Sharing kemudian centang pilihan Allow other network user to…. Dan pada pilihan Home network connection pilih Interface wireless virtual nya.
Sharing Koneksi Internet
Sharing Koneksi Internet
Sekarang kita uji koneksi internetnya dari HP Android.
Uji Koneksi
Uji Koneksi
Koneksi Berhasil
Koneksi Berhasil
Seperti pada gambar-gambar diatas, HP Android nya sudah berhasil terkoneksi ke internet melalui Wireless Virtual yang kita buat, untuk masalah pemberian IP Address dan macem-macemnya tidak perlu repot-repot kita konfigurasi karna semua sudah otomatis dengan sendirinya.
Untuk mematikan wireless virtualnya perintah yang diketikkan pada CMD ialah :
netsh wlan stop hostednetwork
Matikan WiFi Virtual
Matikan WiFi Virtual
Namun ada yang perlu diperhatikan ialah setiap kali laptop yang kita jadikan wireless access point virtual ini restart atau mati maka kita harus menyalakan kembali interface wireless virtual nya dengan perintah Netsh wlan start hostednetwork yang dijalankan melalui CMD. Jika  tidak ingin report-repot mengetikkan command untuk menghidupkan dan mematikan WiFi virtual nya kita bisa membuat shortcut untuk hidup dan matikan WiFi ini, caranya ialah pada desktop laptop klik kanan pilih New → Shortcut isikan perintah berikut untuk membuat Shortcut On :
netsh wlan start hostednetwork / Next import: Turn on wifi / Finish
Adapun untuk membuat Shortcut WiFi Off ialah buat shortcut baru dan isikan perintah :
netsh wlan stop hostednetwork / Next import: Turn off wifi / Finish
Shortcut
Shortcut

Shortcut
Shortcut
Selamat mencoba dan terima kasih sudah berkunjung.


Post a Comment for "Membuat WiFi Hotspot Dengan Laptop"