Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WiFi 6, WiFi Dengan Kecepatan 9.6 Gbps


Terdapat standar terbaru dalam teknologi WiFi saat ini, yaitu WiFi 6 atau standar 802.11ax. Standar 802.11ax ini diluncurkan pada tahun 2019 dan merupakan pemgembagan dari standar WiFi sebelumnya yaitu 802.11ac. Dengan WiFi 6 ini, jumlah perangkat yang dapat di koneksikan bisa lebih banyak, koneksinya lebih stabil, keamanannya ditingkatkan, serta kecepatan koneksi yang lebih cepat yaitu 9.6 Gbps !!!
    Jika standar 802.11ax juga dikenal dengan nama WiFi 6, apakah standar WiFi sebelum-sebelumnya juga memiliki penamaan yang seperti itu ? jawabannya, tentu saja ada. WiFi Alliance (nama organisasi yang dibentuk oleh vendor-vendor wireless) telah memberikan nama lain, yaitu  :
·         802.11n memiliki nama WiFi 4, dikeluarkan tahun 2009

·         802.11ac memiliki nama WiFi 5, dikeluarkan tahun 2013, dan
·         80.11ax memiliki nama WiFi 6, dikeluarkan tahun 2019
WiFi New Icon
Icon Baru WiFi
Dengan adanya penamaan yang baru ini, tentu saja akan memudahkan kita mengetahui standar WiFi mana yang memiliki koneksi lebih cepat tanpa pusing-pusing menghafal urutan 802.11 nya.

WiFi tercepat dan bisa melayani perangkat lebih banyak

Untuk kecepatan, WiFi 6 memiliki kecepatan yang paling tinggi saat ini, yaitu 9.6 Gbps. Kecepatan ini lebih tinggi daripada kecepatan WiFi 5 yang hanya sampai 6.9 Gbps. Dengan WiFi 6, akan lebih banyak perangkat yang dapat terhubung dan mendapatkan kecepatan koneksi yang tinggi tanpa mengganggu kecepatan koneksi perangkat lain disaat yang bersamaan. Ini karena WiFi 6 menggunakan 8x8 MU-MIMO (Multiple User, Multiple-Input Multiple-Output) yang mana dengan hal ini setiap user akan memiliki kecepatan upload maupun download yang akan tercukupi.
 
Jaringan Wireless bukan MU-MIMO
non MU-MIMO

Jaringan Wireless dengan MU-MIMO
MU-MIMO

Mengurangi Interferensi dan Usia Battery Lebih Lama

Apabila terdapat banyak Access Point yang aktif secara bersamaan pada suatu area yang berdekatan, maka kualitas dari jaringan wireless ditempat tersebut pasti menurun karena terjadinya interferensi. Namun, dengan WiFi 6 permasalahan interferensi ini bisa dikurangi karena WiFi 6 menggunakan BSS (Basic Service Set) Color.  Setiap Access Point dapat dikonfigurasi untuk memiliki warna BSS yang berbeda sehingga walaupun sinyal dari masing-masing Access Point bertemu/bersilangan interferensi dapat dihindari karena setiap Access Point akan mengabaikan warna BSS yang berbeda dari dirinya.
BSS biasa
BSS Biasa

WiFi 6 BSS Color
WiFi 6 BSS Color

Saat sebuah perangkat seperti smart phone atau laptop terhubung ke suatu Access Point, daya dari perangkat tersebut akan cepat habis. Ini terjadi karena saat terjadi transmisi data atau tidak ada transmisi data dari sebuah perangkat ke Access Point, perangkat tersebut tetap dalam kondisi bekerja sehingga terus menerus mengkonsumsi daya battery perangkat. Namun dengan menggunakan WiFi 6, umur battery dari perangkat tersebut bisa lebih lama. Ini karena, saat suatu perangkat terhubung ke Access Point, maka Access Point dapat memerintahkan kepada perangkat tersebut supaya mengubah WiFi radionya dalam kondisi tidak bekerja (sleep mode) saat tidak ada proses transmisi data dan akan On kembali saat ada transimis data.
Oleh karena itu, apabila akan membeli perangkat-perangkat seperti smartphone, laptop, Access Point maka coba diperiksa terlebih dahulu apakah WiFi yang ada pada perangkat tersebut sudah mendukung WiFi 6 atau tidak supaya Anda bisa merasakan bagaimana cepat nya koneksi WiFi 6 ini. 

Post a Comment for "WiFi 6, WiFi Dengan Kecepatan 9.6 Gbps "