Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Lengkap File Sharing Windows


Berbagi file dalam sebuah jaringan komputer merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh pengguna/user dalam jaringan tersebut. Misalkan terdapat 10 komputer yang semuanya terhubung dalam satu jaringan baik itu melalui koneksi jaringan Wireless ataupun melalui koneksi kabel, kemudian semua orang yang menggunakan komputer pada jaringan tersebut ingin berbagi file tapi tidak memanfaatkan file sharing maka akan sangat merepotkan harus copy-copy file menggunakan Flash disk dari satu komputer ke komputer lainnya. Apabila Anda ingin berbagi file menggunakan file sharing ini,  Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut
Untuk memudahkan dalam proses pembuatan file sharing ini, kita akan menggunakan topologi jaringan sederhana yang terdiri dari 3 buah komputer seperti tampak pada gambar dibawah ini.
Topologi Jaringan Sederhana
Topologi Jaringan
Berdasarkan pada topologi diatas, terdapat satu buah komputer yang akan menjadi File Server untuk menyimpan file yang akan di share dalam jaringan, dua buah komputer yang akan menjadi klien dan satu buah Switch yang menjadi penghubung dari ketiga komputer tersebut. Adapun detail dari setiap perangkat diatas adalah seperti tampak pada tabel dibawah ini:

No
Nama Komputer
Sistem Operasi
Status
IP Address
1
Server 01
Windows 2008 Server R2
File Server
192.168.1.100
2
Klient 01
Windows
Klient
192.168.1.102
3
Klient 02
Windows 7
Klient
192.168.1.101
        
       Anda bisa saja menggunakan spesifikasi komputer sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan dan tidak harus sama dengan yang akan kita buat ini, baik itu hanya menggunakan komputer dengan OS windows 7, windows 10 dan tanpa windows server karena kita saat ini akan membangun jaringan yang bersifat Workgroup untuk memanfaatkan File Sharing ini.

A. Konfigurasi Server

Persiapan Koneksi

Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah melakukan konfigurasi pada komputer yang akan dijadikan File Server nya. Untuk komputer ini, hendaknya memiliki alamat IP Address yang statik, bukan dinamis. Hal ini karena IP Address ini yang akan menjadi acuan bagi komputer klient saat ingin terhubung atau mengakses file yang di sharing pada komputer tersebut. Jika komputer yang akan dijadikan File Server ini ternyata IP Address nya dinamis, maka setiap kali komputer tersebut berganti IP Address, maka komputer klient harus mengetahui IP Address baru dari komputer server tersebut untuk dapat mengakses kembali file yang di-sharing.
Untuk memberikan IP Address statik pada komputer server dari Control Panel  cari Network and Sharing Center kemudian double click pada interface Local Area Connection atau Interface WiFi tergantung interface yang Anda pakai kemudian pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPV4) kemudian klik Properties dan pilih Use the Following IP Address dan isikan IP Address Statiknya.
Setting IP Address Server
Setting IP Address
Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur File and Printer Sharing, dari Control Panel buka Network and Sharing Center kemudian pilih Change advanced sharing setting kemudian klik Turn on file and printer sharing.
Aktifkan File and Printer Sharing
Aktifkan File and Printer Sharing
Saat mengaktifkan file sharing ini, pada firewall windows secara otomatis akan terbuat sebuah rule pengecualian pada firewall Inbound Rules yang akan memberikan izin akses untuk file sharing yang akan berjalan pada port 139 dan 445 untuk TCP, serta port 137 dan 138 untuk UDP.
Firewall File Sharing Windows
Firewall File Sharing
Apabila tidak ada firewall lain yang terpasang pada komputer, maka file sharing sudah bisa diakses dari komputer klient. Namun jika ternyata ada firewall lain yang terpasang pada komputer tersebut maka harus dibuat rule inbound (akses masuk) baru pada firewall tambahan yang memberikan akses untuk port 139 dan 445 TCP, dan port 137 dan 138 UDP.

Persiapan Folder

      Setelah koneksi kita siapkan, langkah selanjutnya adalah pengaturan folder-folder yang akan di share ke komputer klient. Pada komputer server kita meng-share satu folder yang bernama Data Sharing, folder ini yang nantinya akan diakses oleh komputer klient. Klik kanan pada folder Data Sharing dan pilih properties kemudian pilih tab menu Sharing dan klik tombol Advanced Sharing
Sharing Folder
Share Folder
Kemudian centang pada pilihan Share this Folder
Share Folder Windows
Share Folder
 selanjutnya pilihan Setting akan diaktifkan, disini ada beberapa hal yang harus ditentukan, yaitu :
·         Share Name
Tentukan nama sharing name yang ingin dibuat, nama sharing ini tidak harus sama dengan nama asli folder yang ingin di-sharing. Namun perlu diperhatikan pada satu komputer tidak bisa memiliki beberapa share name yang sama.  Misalkan terdapat 2 folder yang ingin di share yaitu Folder A dan  Folder B, maka kedua folder tersebut harus menggunakan share name yang berbeda dan tidak boleh sama. Pada praktek kali ini share name yang akan kita gunakan adalah DataSharing
·         Limit the number of simultaneous user to
Anda bisa menentukan berapa jumlah orang yang bisa mengakses file yang di-sharing. Maksudnya adalah berapa jumlah orang yang secara bersamaan bisa mengakses file tersebut. Misalkan kita hanya ingin supaya 10 orang saja yang secara bersamaan bisa mengakses file maka kita isikan nilai 10 pada bagian ini.
Limit Access Folder
Setting Limit Access
·         Permission
Pada bagian Permissions kita akan menentukan user atau group siapa saja yang berhak mengakses file. User atau group ini yang akan digunakan oleh komputer klient untuk mengakses file sharing pada komputer server.
Default Sharing Permission
Default Sharing Permission
Default permissions nya adalah Everyone dengan akses Read saja. Artinya adalah siapa saja bisa mengakses file sharing ini namun hanya bisa membaca filenya, tidak bisa melakukan edit pada file tersebut.
Kita akan membuat satu account windows lagi pada komputer file servernya, dengan user baru ini komputer klient akan mengakses file server. Jika tidak ingin membuat user baru pada komputer server, klien tetap bisa mengakses file sharing pada komputer tersebut namun Anda harus memberitahukan kepada komputer klient apa user dan password account windows server/komputer Anda. Hal ini tentunya akan beresiko, sebab dengan mengetahui user dan password komputerya, setiap user bisa saja iseng-iseng mengubah settingan-settingan yang ada pada komputer Anda.
Oleh karena itu kita akan membuat satu Standar User Account dengan nama Manager dan Password abc123. Dari Control Panel cari User Account dan pilih Manage Another Account.
Membuat Account Windows
Membuat Account Windows
Seperti pada gambar diatas, User Account yang sudah ada adalah user Adminstrator. Untuk membuat user account baru pilih menu Create a new account. Isikan nama user Manager dan dicentang pada pilihan Standard User setelah itu klik tombol Create Account.
Membuat Account Windows
Membuat Account Windows
Untuk memberikan password pada user Manager klik user Manager tersebut dan pilih menu Create a Password kemudian isikan passwordnya abc123.
Membuat Account Windows
Membuat Account Windows
Kembali ke pilihan Share Permission, kita hapus permission untuk Everyone dengan mengklik tombol Remove kemudian klik tombol Add  kita tambahkan user Manager dengan akses Full Control karena data yang akan di sharing kita izinkan untuk di edit maupun dihapus. Perhatikan gambar dibawah ini :
Mengatur Permission
Mengatur Permission
Mengatur Permission
Mengatur Permission
Setelah dicentang semua, klik tombol Ok. Perhatikan perubahan properties polder yang di sharing pada tab menu sharing, akan ada keterangan nama file sharing yang telah dibuat yaitu “Network Path: \\Server01\DataSharing”.  
Sampai tahapan ini, proses konfigurasi telah selesai pada komputer server.

B. Konfigurasi Klient

Pada komputer klien, yang harus dilakukan hanyalah memanggil file yang telah di sharing pada komputer yang menjadi server. Adapun IP Address pada komputer klient bisa statis bisa juga dinamis.

Akses File Sharing Pada Komputer Server

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengakses file yang sudah di share pada komputer yang dijadikan file server, adapun cara yang akan kita gunakan sekarang adalah dengan melakukan Map Network Drive. Klik kanan pada Computer dan pilih Map Network Drive..
Membuat Mapping Drive pada Klient
Membuat Mapping Drive pada Klient
Apabila Anda menggunakan komputer dengan system operasi selain Windows 7, misalkan Windows 10 maka untuk melalukan mapping ini ialah dengan klik kanan pada This PC kemudian pilih Map Network Drive.
Membuat Mapping Drive pada Klient
Membuat Mapping Drive pada Klient
Perhatikan gambar diatas, ada beberapa hal yang harus ditentukan yaitu pada pilihan Drive ini merupakan drive letter dari folder yang akan diakses dan ditampilkan pada komputer klien. Kita bisa mengaturnya sesuai keinginan kita, misalkan kita pilih drive letter Z. Kemudian pada bagian Folder ini merupakan alamat dari file yang akan diakses. Cara mengisinya adalah dengan :
\\server\share
Dimana ‘server’ merupakan nama komputer file servernya atau bisa juga diganti dengan IP Address dari komputer file servernya. Adapun ‘Share’ merupakan Share Name dari folder yang akan di akses. Kita coba menggunakan IP Address servernya sehingga pada kolom tersebut diisi dengan \\192.168.1.100\DataShare, kemudian klik Finish. Anda akan diminta untuk memasukkan User Name dan Password pada user isikan Manager dan pada Password isikan abc123, kemudian centang pada pilihan Remember my Credential supaya kita tidak perlu lagi memasukkan user dan password setiap akan mengakses file sharing ini setelah komputer kita restart.
Input user dan password
Input user dan password
Setelah berhasil, maka pada komputer Anda akan terlihat mapping drive yang tadi dibuat, seperti tampak pada gambar dibawah ini.
Hasil Mapping Drive
Hasil Mapping Drive
 Anda bisa menambahkan folder-folder lain yang bisa anda share pada jaringan, dan langkahnya sama seperti langkah-langkah yang telah dipaparkan diatas. Karna ini merupakan jaringan Workgroup Anda juga bisa mencoba membuat satu file server lagi dari komputer-komputer pada jaringan dan diakses dari komputer lain pada jaringan tersebut. Apabila ada yang ingin didiskusikan terkait file sharing ini, silahkan sampaikan pada kolom komentar. Terima Kasih. 

Post a Comment for "Tutorial Lengkap File Sharing Windows"