Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghindari Interferensi Jaringan Wireless


Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas dua parameter konfigurasi yang harus di setting pada perangkat wireless mikrotik router yaitu mode dan band. Sekarang kita lanjutkan membahas parameter - parameter berikutnya yang juga perlu di konfigurasi pada perangkat wireless. Yang mana parameter yang akan kita bahas adalah cara menentukan frekuensi pada jaringan wireless untuk menghindari terjadinya interferensi.

Frekuensi / Channel

Frekuensi digunakan oleh perangkat wireless untuk membawa paket data yang akan dikirim ataupun diterima. Oleh karena itu, sebuah access point harus di atur untuk menggunakan frekuensi tertentu untuk proses membawa paket data ini. Pada bagian pertama dari tulisan ini kita sudah mengulas sedikit tentang dua frekuensi yang digunakan oleh perangkat wireless yaitu frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz, untuk lebih detailnya silahkan membaca kembali tulisan bagian pertama di link ini.
Jika mengakses menu interface wireless pada router mikrotik dan mengklik pada drop down menu Frequency maka akan ditampilkan 11 rentang frekuensi (channel) 2.4 GHz yang dapat digunakan oleh router mikrotik mulai dari frekuensi 2412 sampai frekuensi 2462.

List Frekuensi 2.4 GHz
List Frekuensi 2.4 GHz
Sebenarnya tedapat 14 jumlah channel/rentang frekuensi untuk 2.4 GHz, namun setiap Negara memiliki kebijakan masing-masing untuk channel berapa saja yang boleh digunakan, di Indonesia biasanya menggunakan channel anatara 11 sampai 13. Pada gambar diatas, frekuensi 2412 merupakan channel 1, dan frekuensi 2462 merupakan channel 11, perhatikan tabel dibawah ini.

Channel
Frequency
1
2.412
2
2.417
3
2.422
4
2.427
5
2.432
6
2.437
7
2.442
8
2.447
9
2.452
10
2.457
11
2.462
12
2.467
13
2.472
14
2.482
Kita bisa menentukan sebuah Access Point akan menggunakan channel yang mana saja. Namun perlu diperhatikan sebelum menentukan channel berapa yang akan digunakan, hendaknya dilakukan survey channel terlebih dahulu. Hal ini kita lakukan supaya tidak terjadi interferensi pada jaringan wireless dibangun. Karena jika terjadi interferensi maka jaringan wireless tersebut akan sangat lamban atau bahkan lumpuh total koneksinya.
      Interferensi ini akan terjadi jika pada suatu lokasi terdapat 2 atau lebih Access Point yang berdekatan posisinya dan channel yang digunakan oleh kedua Access Point tersebut sama atau menggunakan channel yang ‘berdekatan’ sehingga signal dari kedua Access Point terganggu satu sama lain. Kecuali jika ditempat Anda tidak ada Access Point lain yang sedang aktif, Anda bisa menggunakan channel berapa saja karena interferensi tidak mungkin akan terjadi.
Alokasi Frekuensi
Alokasi Frekuensi
Perhatikan gambar diatas, interferensi akan terjadi jika suatu Access Point menggunakan channel 1 dan di sekitar Access Point tersebut terdapat Access Point lain yang sedang menggunakan channel 1,2,3,4 atau channel 5. Begitu juga jika suatu Access Point yang menggunakan channel 6, akan terjadi interfensi jika disekitar Access Point tersebut ada Access Point lain yang sudah menggunakan channel 2,3,4,5,6,7,8,9 dan 10. Ada rumus yang bisa dipakai untuk menghindari interferensi ini yaitu +5 atau -5. Artinya, jika channel 1 sudah digunakan maka gunakan rumus +5 sehingga 1+5 = 6, nilai 6 merupakan channel yang bisa Anda gunakan. Atau misalkan Channel 6 sudah digunakan, maka gunakan rumus +5 yaitu 6 + 5 = 11 atau rumus -5 yaitu 6 – 5 = 1 sehingga anda bisa menggunakan channel 1 atau channel 11 untuk Access Point Anda.
       
Untuk melakukan scan channel ini bisa dilakukan melalui tombol menu Scanner pada router mikotik, atau bisa melalaui smart phone dengan menginstall App Network Analyzer misalkan, seperti tampak hasil scan pada gambar dibawah ini.
Network Analyzer Survey
Hasil Survey Channel

Network Analyzer Survey
Hasil Survey Channel

      Seperti pada gambar diatas, terlihat ada banyak signal-signal WiFi yang ter-scan beserta informasi channel berapa yang digunakan oleh Access Point tersebut. Dan lebih menarik lagi, Anda bisa melihat berapa MAC Address, Signal Strength, serta Security yang ada pada setiap Access Point nya !!. Jika kita sudah mengetahui channel-channel berapa yang sudah digunakan oleh Access Point tetangga, selanjutnya kita bisa menentukan channel berapa yang akan kita pakai supaya tidak terjadi interferensi pada jaringan Wireless kita.

Post a Comment for "Menghindari Interferensi Jaringan Wireless"