Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Lampiran e-Mail Winmail.dat

   

      Bagi yang sudah terbiasa melakukan pengiriman dan penerimaan email tentunya sudah tidak asing lagi jika mendengan kata File Attachment atau File Lampiran yang dikirim melalui email. Ya, dengan email kita bisa mengirimkan file kepada rekan kerja, teman sekolah dan lainnya selama mereka memiliki email account. Tapi tidak semua file bisa dikirimkan melalui email seperti file Installer applikasi (.exe) dan file-file sejenis.
      Namun pernahkah Anda mendapatkan file lampiran melalui email dalam bentuk file 'winmail.dat' ?? Padahal yang mengirimkan Anda email mengatakan bahwa file yang ia kirimkan bukan file 'winmail.dat' namun file-file dokument seperti file PDF, Excel, Word dan jenis file dokument lainnya. Anda meminta dikirimkan ulang file tersebut namun tetap saja Anda mendapatkan file 'winmail.dat' tersebut.! Jangan hawatir, permasalahan seperti ini bukan karena e-mail account/progam email Anda yang bermasalah, namun permasalahannya adalah pada program email  yang digunakan oleh rekan Anda untuk mengirimkan email kepada Anda, dan program mail tersebut adalah Microsoft Outlook. Jadi perbaikan/pencegahan supaya file lampiran dapat Anda terima dilakukan pada program Microsoft Outlook orang yang mengirimi Anda email.
      Pada artikel ini, penulis tidak akan menjelaskan tentang penyebab dari permasalahan ini, yang pasti penyebab hal ini terjadi adalah ketika program Microsoft Outlook menggunakan format RTF untuk mengirimkan email. Namun jika Anda ingin mendapatkan informasi mengenai kenapa permasalahan ini terjadi dapat Anda baca dari situs resmi microsoft di link ini. Penulis hanya akan menjelaskan cara-cara yang dapat dilakukan supaya file lampiran yang dikirim kepada kita melalui email dapat kita terima dengan sempurna.

Mengganti Format Default Pengiriman e-Mail 

      Jika format default pengiriman email pada program Microsoft Outlook  menggunakan format RTF Anda dapat mencoba menggantinya menggunakan format yang lain, yaitu dengan format Plain Text atau HTML. Pada dasarnya cara penggantian format mail ini sama saja/mirip antara versi-versi dari microsoft outlook, dan pada tutorial ini penulis akan menjelaskan caranya menggunakan Microsoft Outlook 2013.

  • Dari menu File kemudian pilih Option.
  • Pilih menu Mail
  • Pada bagian Compose Message ubah pilihannya menjadi Plain Text atau HTML
  • Klik tombol Ok


   Sekarang setiap kali program Microsoft Outlook akan melakukan pengiriman email, secara otomatis email yang akan dikirim tersebut format nya akan berubah sesuai dengan format default yang sudah disetting, dapat Anda perhatikan pada gambar dibawah ini.


Manual Input Alamat e-Mail Tujuan

      Langkah berikutnya yang dapat dicoba adalah dengan mengetik manual alamat email tujuan saat akan mengirimkan email. Memang hal ini sangat merepotkan, terlebih jika tujuan pengiriman emailnya adalah ke puluhan orang !! Walaupun ribet, namun cara ini ampuh dan anda bisa coba sendiri. Jadi Jika Anda mengirim email yang ada file lampirannya kepada seseorang tapi setelah email tersebut diterima oleh orang yang kita kirimkan email dan file lampirannya berubah menjadi winmail.dat coba Anda buka Address Box di program Microsoft Outlook dan hapus alamat email orang tersebut, kemudian kirim kembali email nya !
    Hal ini sudah pernah saya coba dan berhasil, sayapun menyimpan kembali alamat email orang yang sebelumnya saya hapus karna masalah winmail.dat ini kemudian saya coba kirim email yang ada isi file lampirannya, Alhamdulillah.... sampai sekarang email lampirannya selamat sampai tujuan.

Menggunakan Program Winmail.dat Reader

      Anda juga bisa menggunakan software-software untuk membaca file winmail.dat ini, anda dengan mudah bisa search di google ! Salah satu software yang patut Anda coba adalah winmail.dat reader ! Software ini dapat dengan mudah Anda download dari situs resminya di link ini. Ukuran software nya kurang dari 1 MB.


    Semoga apa yang dapat penulis sampaikan pada tutorial ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih sudah berkunjung.



Post a Comment for "Mengatasi Lampiran e-Mail Winmail.dat"