Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hotspot Mikrotik


    Pernahkah anda ingin konek kesebuah jaringan wifi kemudian saat membuka browser langsung diarahkan ke menu login untuk memasukkan user dan password untuk bisa melanjutkan browsing ke internet ? Yah, hal semacam ini sering kita jumpai diwarnet-warnet,sekolah-sekolah, Mall dan semisalnya. Kali ini penulis ingin berbagi informasi tentang bagaimana cara membuat koneksi yang seperti itu menggunakan hotspot mikrotik. 
    Router mikrotik memang memiliki banyak sekali fitur-fitur yang sangat bermanfaat, diantaranya dengan adanya fitur hotspot gateway ini. Dengan menggunakan hotspot ini, kita akan mendapatkan fasilitas tambahan seperti konfigurasi jaringan yang hanya bisa digunakan menggunakan user dan password tertentu untuk setiap user, kita bisa mengatur berapa lama waktu yang diberikan kepada user untuk bisa terkoneksi dengan jaringan, kita juga bisa mengatur berapa quota yang akan diberikan kepada setiap user-user tersebut, dan lain-lain.
    Pada dasarnya, hotspot tidak hanya diapplikasikan untuk jaringan wireless saja, jaringan dengan kabel pun bisa dikonfigurasi hotspot ini. Dan pada artikel ini, penulis melakukan implementasi hotspot pada jaringan kabel. Adapun topologi yang digunakan pada artikel kali ini adalah sama seperti topologi pada artikel mengenai mikrotik yang sebelumnya. Adapun perintah untuk mengkonfigurasi mikrotik hotspot adalah sebagai berikut.

Berikut ini merupakan sedikikit uraian dari perintah diatas.

1. Menentukan Interface

Saat pertama kali melakukan konfigurasi hotspot, kita akan diminta untuk menentukan interface mana pada router mikrotik yang akan menjalankan service hotspot ini, pada artikel ini interface yang  digunakan adalah interface ether3. 

2. Penentuan IP Address untuk interface yang menjalankan service hotspot

Interface yang menjalankan service hotspot ini harus diberikan IP Address, pada artikel kali ini IP Address yang akan diberikan pada interface ether3 adalah 192.168.1.1/24

3. Pengaturan NAT

Konfigurasai selanjutnya adalah pengaturan NAT, hal ini tentunya dilakukan supaya setiap klien yang terhubung kejaringan kita bisa mengakses internet. Konfigurasi yang dilakukan sangatlah mudah, tinggal menuliskan perintah Yes, seperti perintah diatas pada bagian masquerade network.

4. Pengaturan DHCP Server

Jika pada artikel sebelumnya, penulis telah menuliskan artikel tentang pembuatan DHCP Server mikrotik, pada penerapan hotspot inipun dilakukan konfigurasi DHCP Server tersebut, namun caranya sangat mudah, kita hanya diminta untuk menentukan range IP yang ingin diberikan kepada komputer klien, misalkan 192.168.1.10 - 192.168.1.20. Perhatikan pada perintah address pool for network diatas.

5. Pengaturan DNS Server

Langkah selanjutnya adalah pengaturan DNS server, masukkan saja IP DNS Google yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

6. Pembuatan user hotspot

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah pembuatan user pertama untuk hotspot kita. Misalkan user pertama yang ingin kita buat adalah admin dengan password 12345.

     Jika diperhatikan langkah-langkah konfigurasi hotspot mikrotik diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa sebuah jaringan hotspot pada mikrotik router merupakan gabungan dari beberapa service seperti DHCP Server serta Firewall NAT dan masih banyak service-service yang lain. Anda bisa mengeceknya pada DHCP Server, Firewall NAT, Filter, Simple Queue anda akan melihat konfigurasi-konfigurasi tambahan yang terbentuk.
    Adapun jika ingin mengkonfigurasi hotspot menggunakan winbox, maka dapat dilakukan melalui menu IP > Hostpot kemudian klik tombol Hotspot Setup seperti gambar dibawah ini.
Hotspot Setup
Untuk melihat serta menambahkan user baru, dapat dibuka pada menu IP > Hotspot > tab User
Konfigurasi User Hotspot Mikrotik
Tampak pada gambar diatas, baru ada 1 user hotspot yang terbentuk. Jika ingin menambah user baru, klik saja tanda + kemudian isikan user dan password yang dikehendaki. Jika berhasil maka tampilan pada komputer klien yang melakukan koneksi ke router mikrotik kita adalah seperti gambar dibawah ini.
Hotspot Login


Semoga bermanfaat ya, nantikan kembali artikel-artikel menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Hotspot Mikrotik"