Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Free up space HP Android Anda


Apakah memory penyimpanan HP Android anda cepat sekali menipis ?? Jika ia, pada artikel kali ini penulis ingin berbagi beberapa cara untuk menambah ruang kosong dimemory penyinmpanan HP Android anda, selamat mencoba.

1. Hapus file cached 

    Setiap App pada andoid anda memilki cached file atau file sampah, file ini bisa dihapus untuk menambah ruang penyimpanan android anda. Pada dasarnya file cache ini bisa terhapus secara otomatis, namun adakalanya terjadi error yang menyebabkan file cache ini tidak terhapus otomatis sehingga akan terus bertumpuk. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus file cached ini. Anda bisa menghapusnya melalui pengaturan kemudian cari pengaturan applikasi, pilih applikasi yang ingin anda hapus file cache nya dibagian bawah dari aplikasi tersebut akan ditampilkan menu untuk hapus file cache tersebut beserta berapa besar file cache yang tersimpan. 
    Apabila anda tidak ingin manual menghapus satu-persatu file cache dari setiap App yang ada di android anda, anda bisa menghapusnya sekaligus melalui Pengaturan > Storage > Cached data. Atau bisa juga menggunakan App yang bisa anda download secara gratis di Play Store, seperti Clean Master dan semisalnya.

2. Hapus File di Folder Download

     Seperti sebuah komputer, Android pun memiliki folder yang bernama Download dan folder ini berisi file-file yang sudah anda download sendiri bahkan applikasi-aplikasi android andapun dengan sendirinya bisa melakukan download tanpa sepengathuan anda dan disimpan didalam folder ini. Coba anda buka folder download ini melalui file manager android, dan periksa ada tidak file-file yang anda sendiri tidak pernah mendowloadnya dan hapuslah file tersebut !

3. Manfaatkan Google Photos 

    Apakah anda adalah orang yang suka berfoto namun ruang penyimpanan Android anda sudah penuh dengan photo-photo sehingga anda tidak bisa menyimpan photo lagi ? Jangan hawatir, karena sekarang anda bisa menyimpan semua file foto di android anda menggunakan applikasi Google Photos ! Ya, dengan applikasi ini anda bisa membackup semua file photo diandroid anda ke google photos, setelah itu anda bisa menghapus semua photo yang tersimpan di memory android anda untuk menambah ruang penyimpanan HP anda. Untuk memanfaatkan app ini, yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan google photos di android anda dengan membuka app google photos dan pilih Sign In kemudian buka settings backup & Sync.
    Apabila semua foto anda sudah berhasil dibackup ke google photos storage, kemudian buka menu Free up device storage untuk menghapus semua photo yang anda inginkan yang tersimpan pada memory penyimpanan HP anda. Hal ini akan menambah drastis memory penyimpanan HP anda sehingga anda bisa berfoto kembali.

4. Pindahkan App ke micro SD Card

     Apabila anda memiliki memory external dengan kapasitas yang besar pada android anda, hal ini dapat anda manfaatkan yaitu dengan memindahkan App yang tersimpan pada media penyimpanan internal HP ke memory external yang anda miliki tersebut. Untuk melakukan hal ini, caranya ialah buka pengaturan/setting di Android kemudian cari menu Application Manager dan pilih salah satu Applikasi yang ada, kemuidan dibagian bawah anda akan melihat menu yang bernama Move to SD Card. Namun, tidak semua Applikasi dapat dipindah ke memory penyimpanan external, seperti Applikasi bawaan dari Android.

5. Hapus media WhatsApp

    Tahukan anda bahwa setiap file seperti Photo, Video, Document yang ada didalam program WhatsApp juga tersimpan kepenyimpanan HP Android anda ? Hal ini tentunya akan membuat memory peyimpanan HP anda cepat penuh tanpa anda sadari. Apalagi jika anda ikut dibanyak group WhatsApp, hal ini akan membuat memory HP anda akan cepat menipis karean secara otomatis apabila ada photo atau video yang dikirim menggunakan wahtsapp, akan otomatis didownload ke HP anda. Namun hal ini dapat anda matikan melalui pengaturan di whatsapp pada bagian Data and Storage Usage kemudian pilih No Media disemua pilihan Media auto-download.
    Anda bisa menghapus semua photo dan video yang tersimpan di program whatsapp anda, hal ini akan menambah jumlah media penyimpanan di HP anda.

6. Hapus Applikasi Data

    Setiap Applikasi yang ada di Android memiliki data yang tersimpan pada media penyimpanan android anda. Semakin lama, besar dari data ini akan bertambah. Namun anda bisa menghapus data dari setiap applikasi yang tersimpan tersebut. Resikonya adalah, setiap applikasi yang anda hapus datanya maka applikasi tersebut akan menjadi seperti pertama kali anda menginstallnya ! Maka berhati-hatilah saat ingin menghapus data dari sebuah applikasi di android, misalkan anda ingin menghapus data untuk applikasi BBM, WhatsApp maka semua account yang tersimpan pada kedua Applikasi tersebut akan hilang.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung !

Post a Comment for "Free up space HP Android Anda"