Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur - Fitur Menarik Gmail Bagian 1

   

      Kebutuhan untuk kirim atau menerima email saat ini hampir tidak bisa lepas dari lingkungan hidup kita, baik itu perusahaan, sekolah, bahkan untuk kebutuhan pribadi sekalipun tidak banyak yang lepas dari kebutuhan mengirim atau menerima email ini. Salah satu layanan email yang banyak dimanfaatkan diantaranya adalah Gmail. Pada artikel kali ini, penulis ingin berbagi informasi mengenai fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh Gmail untuk semua penggunanya. 

Undo Send

     Pernahkan anda merasa bahwa email yang anda kirim sepertinya ada yang salah ? Baik itu salah alamatnya penerimanya, atau salah data yang anda kirim ? Jika anda sering mengalami hal seperti ini, anda bisa mengaktifkan fitur Undo Send milik Gmail ini. Sesuai dengan namanya, Undo Send memungkinkan kita untuk membatalkan email yang kita kirim selama masih dalam waktu Undo yang disediakan oleh Gmail. 
   Untuk mengaktifkan fitur ini, dapat dilakukan melalui menu Seting Settings and then Settings pilih tab menu General kemudian centang pada pilihan Enable undo send dan atur Send cancellation period untuk menentukan berapa lama option undo ini akan ditampilkan dan jangan lupa menyimpan settingan yang anda lakukan.

Configure undo send gmail

   Seperti gambar diatas, ada beberapa pilihan waktu undo send yang disediakan Gmail. Kita bisa memilihnya sesuai kebutuhan kita. Misalnya kita atur waktu nya selama 10 detik, maka setelah kita mengirim sebuah pesan maka akan ditampilkan menu undo ini selama 10 detik kemudian setelah berlalu 10 detik pesan  ini akan hilang dan email yang anda kirim tidak bisa diundo lagi.

Tampilan undo send

Signature

      Dalam suatu email, biasanya pengirim akan menampilkan informasi tentang dirinya dibagian akhir badan email seperti nama, nomor telpon, nama perusahaan dan lain sebagainya. Jika selama ini setiap kali anda mengirim email selalu menulis manual identitas diri anda dibagian akhir email, maka anda harus mencoba fitur signature ini ! 
     Dengan fitur ini, anda hanya perlu sekali melakukan pembuatan signature sesuai yang Anda kehendaki. Jadi, setiap kali melakukan pengiriman email, secara otomatis signature yang anda buat akan otomatis ditampilkan dibagian akhir email yang anda kirim. Signature ini dapat diaktifkan melalui menu Seting Settings and then Settings masih di general tab menu dan pada pilihan Signature tentukan signature yang ingin anda buat dan tekan tombol save.

Configure signature gmail

   Sekarang coba tulis email baru dan perhatikan signature yang anda buat akan langsung tampil diakhir badan email anda.

Vacation Responder

     Apabila anda dalam masa cuti bekerja, libur sekolah, atau kondisi yang semisal dengan hal tersebut yang menyebabkan anda tidak bisa mengakses email untuk sementara waktu, maka anda dapat memanfaatkan fitur vacation responder ini. Dengan pasilitas ini, setiap ada email yang ditujukan kepada email anda, maka secara otomatis Gmail akan membalas email tersebut dengan kata-kata yang sudah anda tentukan sendiri yang seperti menginformasikan bahwa saat ini anda sedang tidak bekerja dan lain-lain.
    Aktifkan fitur ini melalui Seting Settings and then Settings  pada tab menu General pada pilihan Vacation responder pilih Vacation responder On kemudian atur vacation responder sesuai dengan yang anda kehendaki, dan jangan lupa simpan settingannya. Contoh nya adalah seperti gambar dibawah ini.

Vacation responder Gmail

Sekarang coba minta teman anda untuk mengirimkan email ke email anda, dan lihat balasan email yang akan diterima oleh teman anda tersebut.

Filter and Blocked Address

      Salah satu fitur menarik yang ditawarkan Gmail adalah Filter and Blocked Address. Dengan fitur ini, anda bisa membuat rule-rule terkait email yang anda terima maupun memblok email seseorang. Diantara rule-rule yang dapat dibuat adalah :

  • Skip the inbox (Archive it)
  • Mark as read
  • Start it
  • Apply the label
  • Forward it
  • Delete it
  • Never send it to spam
  • Always mark it as important
  • Never mark it as important 
  • Categorize as
     Pada tutorial ini penulis akan mecoba membuat 3 buah rule yaitu block email, hapus email dan penentuan email yang bukan spam. Pertama-tama untuk mengaktifkan fitur ini adalah dibuka melalui menu Seting Settings and then Settings dan pilih tab menu Filter and Blocked Address kemudian pilih tombol create a new filter. Tampilannya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Filter and Blocked menu gmail
    
    Isikan alamat email yang ingin dibuatkan rule, kemudian klik Create filter with this search. Pada contoh kali ini penulis ingin membuat rule supaya jika ada email yang dikirim oleh alamat email syakir_pijar@yahoo.com, email tersebut tidak akan ditandai sebagai SPAM dan anda bisa memanfaatkan fitur ini  jika ada email dari orang yang anda kenal dan selalu masuk ke SPAM padahal email tersebut bukan SPAM, untuk mengatasinya gunakan fitur ini. Adapun settingannya adalah seperti gambar dibawah ini.

Konfigurasi Filter lanjutan

   Untuk membuat rule selanjutnya yaitu hapus email otomatis caranya sama dengan cara diatas, bedanya adalah yang dicentang adalah pilihan Delete it. Sedangkan untuk memblok alamat email seseorang caranya ialah melalui menu Inbox, buka email yang ingin diblok dan pada sebelah kanan klik tanda segitiga kecil dan pilih Block.. 
Block email dengan Gmail

Hasil akhir dari konfigurasi yang sudah dibuat adalah seperti gambar dibawah ini.

hasil settingan filter

Sekian dulu ya yang dapat penulis sampaikan, nantikan lanjutan dari Fitur - Fitur menarik gmail ini. Terima kasih sudah berkunjung.


Post a Comment for "Fitur - Fitur Menarik Gmail Bagian 1"