Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bypass Login Hotspot Mikrotik

Bypass login mikrotik hotpsot

    Pada artikel sebelumnya, penulis sudah menuliskan artikel mengenai setup hotspot mikrotik router. Kali ini penulis akan berbagi tutorial bagaimana cara melakukan bypass login hotspot mikrotik dari komputer klien. Dengan melakukan bypass login hotspot ini, komputer klien tidak perlu lagi memasukkan user dan password hotspot setiap kali terhubung ke router untuk bisa terkoneksi ke internet. Hal ini terkadang dibutuhkan, misalkan untuk orang-orang tertentu yang spesial hak aksesnya. Misalkan untuk hotspot sekolah, setiap guru atau pegawai tidak perlu melakukan login hotspot untuk terkoneksi ke internet berbeda dengan siswa yang harus login hotspot setiap kali ingin terhubung dengan internet. Serta masih banyak lagi penerapan-penerapan sejenis yang dapat anda manfaatkan dengan fitur bypass login hotspot mikrotik ini.
    Untuk memulai konfigurasinya, login lah terlebih dahulu ke router OS mikrotik menggunakan winbox dan akses menu IP > Hotspot. Setelah menu hotspot terbuka, klik tab menu IP Bindings, dan untuk memulai konfigurasi terlebih dahulu kita harus mengetahui MAC Addresss dari komputer klien yang ingin kita bypass login hotspotnya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui MAC Address dari komputer klien, hal ini pernah penulis sampaikan pada tutorial sebelumnya mengenai monitoring jaringan dengan router mikrotik. Sebagai contoh, MAC Address dari suatu komputer klien adalah 08:00:27:35:A2:6A maka konfigurasi yang perlu dilakukan untuk komputer klien ini adalah seperti gambar dibawah ini.
IP Binding Mikrotik
    Seperti tampak pada gambar diatas, langkah pertama yang dilakukan adalah klik tand + kemudian isi MAC Address komputer klien setelah itu pada bagian Type pilih bypassed untuk menyimpan hasil konfigurasi klik tomol OK. Jika diperhatikan pada pilihan Type, terdapat 3 pilihan yaitu regular, bypassed, dan blocked. Jika pada pilihan type ini diatur pada pilihan blocked, maka komputer dengan MAC Address tersebut tidak akan bisa mendapatkan layanan hotspot. Sedangkan jika memilih bypassed, maka komputer dengan MAC Address yang didaftarkan akan langsung terkoneksi ke internet tanpa memasukkan user dan password hotspot seperti pada tutorial ini.
    Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk bypass login ini adalah dengan melalui tab menu Host, dimana pada menu ini akan ditampilkan user-user hotspot yang sedang online, klik dua kali pada salah satu klien yang ingin dikonfigurasi bypass kemudian pilih Make Binding setelah itu atur supaya type nya menjadi bypassed seperti langkah diatas.

Semoga apa yang tertuang didalam artikel ini berfmanfaat ya. Terima kasih sudah berkunjung.

5 comments for "Bypass Login Hotspot Mikrotik"

  1. I wanted to thank you for this great read!! I definitely enjoying every little bit of it I have you bookmarked to check out new stuff you post. https://sites.google.com/site/hotmailloginonline/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, I feel happy too if this article useful for you. Thanks for visiting my blog.

      Delete
  2. You there, this is really good post here. Thanks for taking the time to post such valuable information. Quality content is what always gets the visitors coming. https://hotmailentrar.app.br/

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete