Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sharing Printer Pada Windows 32-bit dengan 64-bit

Salah satu fitur yang sangat bermanfaat pada windows adalah fitur share printer. Dengan fitur ini, kita dapat berbagi printer pada jaringan LAN (Local Area Network) yang kita miliki. Misalkan, pada suatu ruangan terdapat 5 buah laptop/PC yang sudah saling terkoneksi dalam satu jaringan dan hanya terdapat 1 buah printer yang terhubung kesalah satu laptop/PC tersebut.
Nah, dengan memanfaatkan fitur share printer pada windows ini kita dapat mengatur seolah-olah printer yang terdapat pada ruangan tersebut terkoneksi secara langsung dengan seluruh laptop/PC diruangan tersebut.
Hal ini tentunya akan sangat membantu saat semua orang yang berada didalam ruangan tersebut ingin print data secara bersamaan, kita tidak perlu repot-repot pake flash disk untuk copy data yang akan kita print. Apalagi pada sebuah warnet, maupun sekolah tentunya hal ini dapat juga diterapkan.
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan sharing printer ini, yaitu perhatikan versi dari windows setiap komputer yang akan menggunakan printer, apakah menggunakan versi 32-bit (x86) atau versi 64-bit (x64). Kenapa hal ini perlu diperhatikan, tentu saja karena pada setiap printer tentunya memiliki driver yang disediakan untuk diinstall pada komputer/laptop yang menggunakan windows 32-bit dan windows 64-bit. Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba untuk melakukan share printer antara windows 32-bit dengan windows 32-bit, share printer antara windows 64-bit dengan windows 64-bit, dan share printer antara windows  32-bit dengan windows 64-bit.
Sebelum kita mulai praktik share printernya, mungkin ada yang bertanya dimana cara melihat apakah windows yang kita gunakan 32-bit atau 64-bit ? Untuk windows XP caranya ialah buka Windows Explorer dan klik kanan pada My Computer dan pilih properties, dan pada tab General perhatikan dibawah tulisan System, akan tampak versi dari windows yang kita gunakan. Seperti gambar dibawah ini, versinya ialah 64-bit (x64), kalau versi 32-bit akan tercantum (x86).


Untuk windows 7 caranya ialah klik kanan pada tulisan Computer kemudian pilih properties perhatikan pada bagian system seperti gambar dibawah ini.

Adapun untuk windows 8 atau windows 10 cara melihat versi windowsnya sama dengan windows 7.

Untuk percobaan share printer kali ini, saya menggunakan windows 7. Adapun untuk windows XP, windows 8, ataupun windows 10 pada dasarnya prinsip dan caranya sama saja.  Sebelum memulai share printernya, langkah pertama yang kita lakukan ialah mengaktifkan fitur share file and printer pada windows. Caranya ialah, buka Advance Sharing Setting pada control panel, atau klik start menu pada windows dan kettikkan sharing sehingga akan ditampilkan semua settingan yang ada kata-kata share nya seperti gambar dibawah ini.





Seperti tampak pada gambar diatas, terdapat 2 profile sharing yaitu Home or Work dan Public (Current profile). Kita expand dengan mengklik tanda panah kecil disebelah kanan kedua profile tersebut, kemudian aturlah pada bagian :
a.       Network discovery
Agar printer yang kita sharing dapat ditemukan/dilihat oleh komputer lain didalam jaringan, maka kita harus memilih ‘Turn on network discovery’
b.      File and printer sharing
Pastikan pilihan yang dipilih ialah ‘Turn on file and printer sharing
c.       Password protected sharing
Jika kita ingin agar tidak semua orang bisa mengakses printer yang akan kita sharing, kita bisa pilih pilihan ‘Turn on password protected sharing’ sehingga saat seorang user ingin mengakses printer kita maka saat melakukan add printer user tersebut akan dimintai user name dan password untuk add printer. Namun jika kita tidak ingin membatasi orang yang berhak mengakses printer kita, kita pilih saja ‘Turn of password protected sharing’.

Sehingga hasil settingannya ialah seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah selesai mengatur pada kedua settingan tersebut pilih save setting.

Langkah kedua yang harus dilakukan ialah, mengatur firewall pada windows. Firewall merupakan system pengamanan yang disediakan oleh windows, untuk melindungi komputer kita dari serangan-serangan hacker maupun program-program yang dapat membahayakan system komputer kita. Jika firewall pada windows kita aktif, komputer kita tidak akan bisa diakses oleh komputer lain, kecuali kita setting agar komputer kita bisa diakses oleh komputer lain dengan membukakan akses port-port tertentu pada firewall. Namun kalau tidak mau repot-repot, kita matikan saja fungsi firewall ini.
Untuk menonaktifkan firewall ini, pertama kita buka control panel pilih system and security kemudian pilih windows firewall seperti tampak pada gambar dibwah ini.



Dapat diperhatikan pada gambar diatas, windows firewall dalam keadaan On. Sekarang pilih ‘Turn of windows firewall on or off’ pada bagian sebelah kiri kemudian pilih ‘turn of windows firewall’ simpan settingan dengan mengklik tombol Ok.



Sampai disini, sekarang barulah kita mulai share printernya.

1.      Share printer, windows versi 32-bit dengan windows versi 32-bit
Untuk mulai share printer, buka device and printer pada control panel sehingga akan ditampilkan semua printer yang sudah terpasang pada komputer kita, seperti gambar dibawah ini.



Pada gambar diatas, terdapat printer dengan nama ‘HP Deskjet Ink Adv 2010 K010’, printer ini yang akan ktia sharing. Klik kanan pada printer tersebut dan pilih ‘Printer Properties’ kemudian pilh tab ‘Sharing’ kemudian centang pada bagian ‘Share this printer’.



Pada gambar diatas, saat mencentang ‘share this printer’ secara otomatis nama share printer akan terisi pada bagian ‘Share name’. Nama ini bisa kita ubah, misalkan dengan nama ‘Printer Admin’ atau semisalnya. Langkah selanjutnya ialah pilih pada bagian ‘Security’ pada bagian group or user name pilih everyone dan pada bagian permission centang semua pada bagian allow. Settingan ini berfungsi untuk memberikan hak akses kepada siapa saja yang berhak atau yang boleh mengakses printer kita, karena memilih everyone, maka setiap orang dapat mengakses printer yang kita share, seperti gambar dibawah ini.



Sampai tahapan ini, settingan untuk share printer pada komputer kita sudah selesai, perhatikan gambar icon pada printer terdapat gambar orang seperti gambar dibawah ini.

 Sekarang kita berpindah ke komputer lain yang akan meng-add printer kita. Buka device and printer melalui control panel kemudian klik kanan pada area kosong dan pilih add printer, seperti gambar dibawah ini.



Kemudian pilih ‘Add a network, wireless or Bluetooth printer’ sehingga printer yang telah di sharing pada komputer yang pertama akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini.





Klik kanan pada printer tersebut dan pilih ‘Connect’ sehingga proses instalasi printer ke komputer yang baru akan di proses, dan pilih install driver.





Jika berhasil, maka pada device and printer akan muncul printer baru seperti gambar dibawah ini.



2.      Share printer, windows versi 64-bit dengan windows versi 64-bit
 Untuk cara share printer pada windows dengan versi 64-bit caranya sama percis dengan windows 32-bit.
3.      Share printer, windows versi 64-bit dengan windows versi 32-bit
Untuk sharing printer pada windows yang versi-nya berbeda, ada sedikit settingan tambahan yang perlu dilakukan. Untuk printer yang terpasang pada komputer dengan versi windows 32-bit kita harus tambahkan driver printer untuk windows 64-bit, dan begitupun sebaliknya. Pada contoh dibawah ini, printer yang akan di share terhubung pada komputer dengan windows 32-bit. Langkah pertama yang dilakukan ialah, pastikan printer sudah tersharing, kemudian pada tab sharing perhatikan menu ‘Additional Drivers..





Pada gambar diatas, dapat diperhatikan bahwa printer yang disharing driver yang disediakan hanya untuk windows dengan versi 32-bit saja (x86). Sedangkan untuk 64-bit belum disediakan (x64 belum tercentang). Untuk menambahkan driver 64-bit, centang pada pilihan x64 kemudian klik Ok.

Selanjutnya kita akan diminta untuk mencari lokasi driver 64-bit untuk printernya (ekstensi file drivernya ialah *.inf, *.in_), jika lokasi driver nya sudah ketemu klik ‘Ok’.  







Jika berhasil, maka pilihan x86 dan x64 akan tercentang buram seperti gambar dibawah ini.



Sekarang, windows dengan versi 32-bit mauapun 64-bit sudah bisa add printer tersebut. Selamat mencoba..


Terima kasih sudah berkunjung ☺☺☺☺☺

15 comments for "Sharing Printer Pada Windows 32-bit dengan 64-bit"

  1. Share printer 32 bit dengan 64 bit, apakah driver nya sudah tersedia di PC kita atau kita download terlebih dahulu drivernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download dlu driver 32&64 bit nya, dan install salah satu yg sesuai versi laptop dan share printernya

      Delete
    2. gimana nemu file infnya sedangkan yang terdowload itu exe

      Delete
    3. Extract file Exe nya pakai 7zip ataupun winrar, Pak.

      Delete
  2. Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with extra information? It is extremely helpful for me. printer for stickers

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are welcome, Hijaz Syaikh. I will continue to update my blog with more information. إن شاء الله

      Delete
  3. nyari file ekstemsi .INF nya di mana ya bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Driver printernya, biasanya untuk driver2 printer yg masih dalam bentuk CD Driver tinggal diarahkan saja ke file autorun.inf pd CD drivernya. Namun jika drivernya dalam bentuk satu file installer, maka extract file installer tersebut terlebih dahulu dengan winzip/winrar/7 Zip.

      Jika boleh tau, type printer apa yg hendak di sharing??

      Delete
  4. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing blog that understand the value of providing a quality resource for free. flat screen printing machine

    ReplyDelete
  5. I definitely enjoying every little bit of it. It is a great website and nice share. I want to thank you. Good job! You guys do a great blog, and have some great contents. Keep up the good work. flatbed screen printing machine

    ReplyDelete
  6. Makasih om, saya tercerahkan sekali. Semoga lebih banyak lagi tulisan bermanfaat lainnya

    ReplyDelete
  7. First You got a great blog .I will be interested in more similar topics. i see you got really very useful topics, i will be always checking your blog thanks. portable printer

    ReplyDelete