Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rufus - Membuat Installer Windows Dengan USB Flash Disk

Meng-install windows memang terlihat gampang dan kesannya begitu-begitu saja. Tinggal burn ISO Windows nya ke DVD/CD, masukin ke DVD RW Laptop atau PC tinggal next-next saja, terus selesai. Namun ada kalanya PC Desktop ataupun Laptop yang mau kita install ulang OS nya tidak memiliki DVD RW internal maupun external. Nah, ada satu tools
yang dapat kita fungsikan supaya ISO Windows yang akan kita install kita burn ke flash disk. Tools tersebut namanya Rufus. Dengan bantuan tools ini, kita dapat membuat installer windows XP (32 bit / 64 bit), Windows 7 (32 bit / 64 bit), Windows 10 (32 bit / 64 bit), dan bahkan juga Linux. Ukuran tools rufus ini sangat kecil dan menggunakannya juga sangat mudah.
Anda bisa mendownloadnya secara gratis di situs resminya  atau klik link ini untuk download filenya langsung melalui media fire. Berikut langkat-langkah membuat installer windows menggunakan rufus ini :
1.      Jalankan program rufus sehingga tampil seperti gambar dibawah ini.


Yang perlu diperhatikan ialah, pastikan flash disk yang akan kita pakai untuk install windows tidak ada datanya, karena saat menjalankan rufus flash disk tersebut akan di format. Kemudian pada menu device akan ditampilkan daftar flash disk yang kita pasang ke PC/Laptop tempat rufus dijalankan. Klik tanda DVD untuk mencari lokasi file ISO windows, langkah terakhir ialah klik Start.
2.      Jika muncul error seperti gambar dibawah ini, klik saja Ok.


3.      Kalo sudah selesai, tinggal atur BIOS PC/Laptop supaya booting nya pertama kali melalui USB.

Selamat mencoba…


Post a Comment for "Rufus - Membuat Installer Windows Dengan USB Flash Disk"