Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Blogger

Blogger, kata ini sudah tidak asing lagi bagi para peselancar internet. Saat ini, mungkin ada ribuan bahkan jutaan blog yang numpuk di internet. Namun, tidak sedikit yang masih belum mengenal apa itu blogger, dan untuk apa fungsinya memiliki sebuah blog. Blogger merupakan sebuah situs milik Google, yang menyediakan fasilitas blog gratis (Java Creativity, 2015 : 2). Jadi, setelah kita mendaftar pada situs blogger kita dapat membuat blog dengan mudah dan waktu yang tidak lama.
Adapun blog, Menurut Wikipedia Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam
urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
                Jadi, kalau kita sudah memiliki sebuah blog, kita bisa memanfaatkannya dalam banyak hal, misalkan share informasi, bahkan untuk bisnis misalkan sarana promosi barang atau jasa. Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah bloggspot aman ?? jawabannya, ya tentu saja aman.. kenapa demikian ? yah, karena blogspot kan miliknya om Google yang merupakan portal terbesar didunia yang tentunya akan memberkan pelayanan terbaik baik pengguanya.

                Sebenarnya, masih banyak lagi kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh blogger diantaranya yang saya ketahui ialah :
  •     Gampang digunakan
  •     SEO Friendly
  •     Banyak pilihan templatenya
Ok, sekarang mari kita langsung saja buat sebuah blog ya

  • Membuat account Gmail
Katanya mau buat blog, koq malah mendaftar account gmail ? ya, karena kita mebuat blog di blogger, maka tentu saja kita harus mendaftar blogspot dengan account gmail, jangan lupa blogger merupakan miliknya Google. Bagi yang sudah memiliki account Gmail, langsung saja buka situs blogger.com untuk create blog nya. Namun bagi yang belum punya, ikuti langkah-langkah ini ya…. 

a.   Buka situs gmail.com kemudian klik tulisan Create account

b.   Isi biodata lengkap yang telah disediakan formnya oleh gamail, jika sudah lengkap terisi klik Next     Step, contohnya seperti gambar dibawah ini.

c.   Klik “I Aggree” pada tampilan dibawah ini, dan sampai disini account gmail kita sudah jadi.




  •      Seletah kita membuat account gmail, sekarang buka situs www.blogger.com dan ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.
a.       Klik tulisan “create your blog” seperti gambar dibawah ini

b.       Masukkan password gmail yang barusan sudah kita buat ya, kemudian klik Masuk.

c.    Nah sekarang kita akan mengatur blog kita untuk pertama kalinya, tentukan bahasa yang akan              kita gunakan, ada banyak bahasa yang bisa kita pilih, saya memilih bahasa Indonesa. Jika sudah          selesai menentukan bahasa yang kita gunakan kemudian klik “buat profile bloger terbatas” pada          bagian Profile Blogger.

d.       Langkah selanjutnya ialah menentukan tampilan nama blog. Disini kita bisa isi apa saja                        tergantung keinginan kita.


e.       Pada menu ini, kita klik menu buat blog baru.

f.      Kemudian tentukan judul blog, alamat blog, serta template. Alamat blog ini akan menjadi alamat         blog kita yang akan diakses oleh orang lain, langkah terakhir ialah klik Buat Blog.

g.       Kita akan dibawa ke menu Dashbor Blogger seperti gambar dibawah ini.


 Kita akan banyak bergelut pada  Dashbor Blogger ini untuk membuat postingan baru, edit                  postingan, merubah template dan masih banyak lagi. Sekarang kita coba membuat entry baru ya, klik  menu “Entry baru”,sehingga akan ditampilkan menu seperti gambar dibawah ini.


Pada halaman ini, kita bisa menuangkan ide-ide kreatif yang kita miliki. Pada halaman ini, kita bisa mengatur text sesuai yang kita inginkan pada menu text editor yang telah disediakan. Kita bisa menyisipkan gambar, video, link url pada entry yang akan kita tulis. Nah, jika sudah selsai mengetik, kita bisa mengklik tombol 'Publikaskan' yang terdapat pada pojok kanan atas. Tombol ini berfungsi untuk mempublikasikan hasil tulisan blog kita sehingga bisa dibaca oleh orang lain. Namun sebelum memutuskan untuk mempublikasikan blog, alangkah baiknya kita lihat dulu preview dari blog kita, melalui tombol 'Petinjau' yang berada sebelah kanan tombol 'Publikasikan'. Hasil preview dan publikasi blog yang kita buat akan terlihat seperti gambar dibawah ini.



Selamat mencoba.


2 comments for "Mengenal Blogger"