Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bridge Pada Windows 7






Assalamulaiakum..

Berbagi (sharing) koneksi internet saat ini sudah hampir dapat dilakukan oleh sebagian orang. Terlebih lagi, dengan banyaknya produk-produk access point portable yang menawarkan fitur pemakaian internet bersama melalui media wireless. Nah bagaimana jika dalam suatu kondisi, ada satu buah PC Desktop yang juga mau memanfaatkan internet menggunakan access proint portable kita, sedangkan PC Desktop tersebut tidak ada interface wireless nya ??
Untuk permasalahan seperti ini, kita bisa manfaatkan feature windows 7 yang sangat bagus, yaitu bridge. Dengan bridge ini, kita dapat menggabungkan 2 buah network yang berbeda interface nya, dalam kasus ini, menggabungkan antara wireless dengan wired (kabel).


                                                                      Topologi


Sesuai dengan topologi diatas, dapat kita lihat bahwa terdapat 2 laptop yang terkoneksi dengan 1 buah modem access point (saya menggunakan modem smart freen)dan bisa akses internet, dan terdapat 2 buah PC desktop yang terhubung dengan 1 switch dan tidak bisa akses internet. Detail IP addressnya ialah seperti table dibawah ini.

                                                    
Laptop
IP
Laptop A
192.168.255.1/24
Laptop B
192.168.255.2/24

PC Desktop
IP
PC A
192.168.255.3/24
PC B
192.168.255.4/24

Smartreen (Gateway)
192.168.255.100


Laptop A dengan IP 192.168.255.1 kita akan jadikan sebagai bridge yang akan menghubungkan PC desktop dengan laptop.

  • Pastikan pada laptop A sudah terdapat 2 buah interface yaitu interface wireless dan interface     Ethernet. Pada praktek ini, IP 192.168.255.1 pada laptop merupakan IP untuk interface wireless, sedangkan interface Ethernet nya belum memiliki IP
  • Masuk ke control panel > network and internet > Network and sharng center > change adapter setting

  • Pilih interface yang akan di bridge, yaitu interface wireless (yang terhubung dengan modem sartfreen) dan interface Ethernet (yang terhubung dengan switch hub) kemudian klik kanan dan pilih bridge connection.






  •     Setelah selesai proses membuat bridge connection, maka otomatis akan terbentuk satu buah adapter dengan nama Network Brigde



1
  • Langkah terakhir ialah, atur IP pada interface bridge yang terbentuk menggunakan IP 192.168.255.1, karena IP pada interface wireless dan Ethernet akan hilang. Jangan lupa memberikan gateway ya pada PC Desktop nya. Coba lakukan ping dari tiap client dan coba browsing ke internet.



a


Sekarang silahkan uji Desktop PC untuk melakukan koneksi ke internet. Selamat mencoba.

Terima kasih.

1 comment for "Bridge Pada Windows 7"